Konser ‘Wangi’ Iwan Fals
Agenda

Konser ‘Wangi’ Iwan Fals

by Pandu
Fri, 13-Nov-2015

Iwan Fals akan menggelar sebuah ‘konser wangi’ di Istora Senayan, 21 November 2015.  Konser itu bertajuk “Untukmu Indonesia”.

Disebut ‘wangi’ karena setiap orang yang datang akan duduk rapi. Sudah begitu, tidak akan ada baliho, spanduk, atau poster Oi apapun yang menghalangi penglihatan.

Yap, konser ini memang ditujukan khusus bagi Oi yang dinilai eksklusif atau sebut saja untuk Oi berdompet tebal, bukan pengincar konser gratisan yang digalang oleh sponsor rokok.

Hal ini diamini Edy Kemput dan Iwang Noorsaid selaku penggagas. Mereka mengatakan, ide konser wangi Iwan Fals tercetus setelah mengobrol dengan Purnawirawan Jenderal Wiranto. Ia pribadi mengutarakan keinginan menonton konser Iwan Fals yang rapi dan nyaman.

“Saya ingin nonton konser Iwan Fals sambil duduk,” terang Edy Kemput menirukan Wiranto. Obrolan itu terjadi kira-kira dua tahun lalu. Selama itu juga konsep konser ini diramu. Dari segala proses yang mereka jalani, satu hal yang paling menghambat ialah penggalangan dana.

"Kalau soal waktu Om Iwan bisa aja. Dananya itu yang susah, hahaha,” ujarnya.

Dari sekitar 500 lagu yang pernah Iwan Fals ciptakan, cuma sekitar 22-25 lagu yang akan ia bawakan. Mengingat durasi konser “Untukmu Indonesia” cuma 2 jam, bukan 2 hari lamanya.

“Kami cuma ngasih pilihan lagu berdasarkan tema yang mau diangkat. Kalau berdasarkan hits itu susah. Hampir semua lagu yang Iwan Fals punya kan hits,” ujar Iwang Noorsaid.

Sebagai Music Director konser ini, Iwang Noorsaid juga mengajak Iwa K dan Neo sebagai kolaborator nanti di atas panggung. Buat ia, sudah biasa jika Iwan Fals berduet dengan musisi rock atau pop. Iwang ingin sesuatu yang berbeda dengan me-rapkan lagu Iwan Fals. [][teks & foto @HaabibOnta]