Percantik Kulit dengan Madu
Beauty

Percantik Kulit dengan Madu

by Pohan
Thu, 17-Sep-2015

Madu dianggap sebagai pemanis yang sehat untuk minuman teh atau kopi. Anda juga bisa menggunakan madu untuk perawatan kulit, rambut, dan kuku.

1. Moisturizing Mask

Madu mengandung suatu zat yang membantu mempertahankan kelembapan.

> Oleskan satu sendok teh madu mentah pada kulit kering dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

2. Pore Cleanser

Madu memiliki sifat anti bakteri yang bisa mencegah penumpukan bakteri [jerawat].

> Aduk satu sendok makan madu mentah dengan dua sendok makan minyak jojoba atau minyak kelapa. Oleskan pada kulit dan pijat secara lembut dengan gerakan melingkar. Kemudian bilas dengan air hangat.

3. Gentle Exfoliator

Madu sarat dengan antioksidan, enzim, dan nutrisi lain yang menyehatkan, membersihkan, dan melembabkan kulit.

> Campur dua sendok makan madu dengan satu sendok makan baking soda. Basuh kulit Anda dengan air, kemudian dengan lembut menggosok ramuan pada wajah atau tubuh dalam gerakan melingkar. Kemudian bilas.

4. Scar Fader

Madu bisa mencerahkan kulit. Kandungan senyawa anti-inflamasi dan antibakteri madu membantu untuk menghilangkan bekas luka.

> Campurkan satu sendok teh madu mentah dengan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan pada bagian kulit yang dituju dan pijat dengan ujung jari dalam gerakan melingkar selama satu sampai dua menit. Tempelkan lap panas pada kulit Anda, dan diamkan sampai dingin. Ulangi setiap hari.

5. Acne Treatment

Madu mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang bisa menggagalkan bakteri penyebab jerawat. Sifat anti-inflamasi akan menenangkan kemerahan dan iritasi.

> Oleskan setetes madu mentah ke daerah yang terkena, dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat.

6. Bath Soak

Madu bukan hanya hydrating, melainkan juga sebagai antioksidan yang akan memperbaiki kulit dan melindunginya dari oksidasi dan kerusakan lingkungan.

> Campur dua sendok makan madu mentah dengan secangkir air panas sampai larut. Tambahkan ke bak air hangat, dan rendam.

7. Cuticle Moisturizer

Madu mentah sarat dengan nutrisi dan enzim untuk menyehatkan dan menyembuhkan kulit, dan bisa menarik kelembaban ke dalam kulit.

> Campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh cuka sari apel dan satu sendok teh minyak kelapa. Gosok atas setiap kutikula, dan diamkan lima sampai 10 menit, lalu bilas.

8. Hair Conditioner

Enzim dan nutrisi yang terkandung dalam madu mentah bisa mengubah rambut kusam menjadi tampak bersinar.

> Campurkan satu sendok makan madu mentah dengan dua sendok makan minyak kelapa. Terapkan secara menyeluruh ke bagian bawah dua pertiga dari rambut basah, mulai dari ujung dan bekerja sampai. Diamkan selama 20 menit, dan bilas dengan benar.

9. Shampoo Booster

Sifat humektan madu bisa membantu mengatur dan mempertahankan kelembaban pada rambut. Madu pun  memperkuat folikel rambut untuk pertumbuhan yang sehat.

> Campurkan satu sendok teh madu dengan sampo favorit Anda. Cuci sampai berbusa seperti biasa, dan bilas dengan benar.

10. Hair Highlighter

Oksidase glukosa enzim dalam madu secara perlahan bisa melepaskan hidrogen peroksida, bahan yang dikenal untuk meringankan warna rambut.

> Campurkan tiga sendok makan madu dengan dua sendok makan air. Terapkan untuk membersihkan, rambut basah, dan diamkan selama satu jam. Bilas dengan benar. Lakukan secara rutin untuk hasil terbaik.

11. Sunburn Treatment

Madu mengembalikan hidrasi ke lapisan terdalam kulit yang terpapar sinar matahari. Jika madu dan lidah buaya dipadukan, itu mengandung antiperadangan yang kuat untuk menenangkan kulit yang terbakar dan pemulihan bantuan.

> Campurkan satu bagian madu mentah dengan dua bagian lidah buaya murni. Terapkan untuk kulit yang terbakar matahari.

[][teks @pohanpow | sumber & foto womenshealthmag.com, youtube.com, theultimateedit.com]