Solusi Sehat Lutut dan Siku
Beauty

Solusi Sehat Lutut dan Siku

by Pohan
Sat, 28-Nov-2015

Kulit pada bagian siku dan lutut biasanya lebih tebal dan memiliki lipatan yang lebih dibanding bagian lainnya. Di wilayah lutut dan sikut tidak ada kelenjar minyak sehingga cenderung kering. Supaya lutut dan siku tetap sehat, lakukan perawatan yang tepat.

Beberapa faktor lain yang menyebabkan lutut dan siku hitam karena sering terkena sinar matahari yang berlebihan, faktor genetik, kulit kering, ketidakseimbangan hormon, obesitas, penumpukan kulit mati, dan pigmen melanin bertambah.

Inilah solusi alami dan teknik perawatan kulit sederhana yang membantu memecahkan masalah lutut dan siku hitam:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa baik untuk lutut dan siku hitam karena mengandung vitamin E untuk mencegah kekeringan. Minyak kelapa juga menjaga kulit terhidrasi dan lembab. Bahkan bisa memperbaiki kulit hitam dan rusak.

» Oleskan minyak kelapa pada lutut dan siku dan pijat dengan lembut selama 1 sampai 2 menit setelah mandi. Jika perawatan dilakukan beberapa kali dalam sehari, cara ini bisa mencegah kekeringan.

2. Lemon

Lemon memiliki sifat pemutih alami serta sifat exfoliating [pengelupasan]. Lemon memiliki jumlah vitamin C yang tinggi untuk membantu menghilangkan sel-sel mati dan mencerahkan warna kulit. Bahkan membuat regenerasi sel kulit yang sehat.

» Oleskan air lemon pada lutut dan sikut. Kemudian pijat lembut selama beberapa menit. Biarkan selama sekitar 20 menit dan bilas dengan air hangat. Kemudian oles lotion pelembab.
    

3. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang membantu mencerahkan warna kulit, serta membersihkan dan melembabkan kulit.

» Campur 1 sendok teh yogurt polos dan cuka putih [jadi pasta halus]. Oleskan pada bagian yang hitam dan biarkan sampai kering. Bilas dengan air hangat, keringkan dan kasih pelembap. Lakukan setiap hari selama beberapa minggu.
   

4. Gula

Gula bisa meringankan kulit lutut dan siku hitam. Gunakan scrub gula buatan sendiri. Butiran gula membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan melembutkan kulit.

» Campur gula dan minyak zaitun dengan jumlah yang sama untuk membuat pasta tebal. Oleskan pasta pada lutut dan siku, gosok dengan gerakan melingkar selama 5 menit. Kemudian cuci dengan sabun lembut dan air hangat. Lakukan ini sekali dalam sehari sampai warna kulit di sekitar lutut dan siku cerah. Ulangi perawatan ini setiap minggu.

5. Baking Soda

Baking soda bertindak sebagai pembersih yang lembut, karena efektif untuk mengobati lutut dan siku yang hitam. Hal ini bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi hiper-pigmentasi pada sekitar lutut dan siku.

» Siapkan pasta yang terbuat dari 1 sendok makan susu dan baking soda. Oleskan pada daerah yang hitam dan gosok di sekitarnya dalam gerakan melingkar selama 2 sampai 3 menit. Bilas dengan air hangat dan tepuk secara menyeluruh. Ulangi setiap hari sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya bisa mencerahkan kulit secara alami. Lidah buaya juga menjaga kulit terhidrasi dan lembap. Lidah buaya membantu menjaga warna kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

» Gunakan ekstrak gel lidah buaya. Oleskan pada daerah yang terkena. Biarkan selama 20 menit, kemudian cuci dengan air hangat. Ulangi 1 atau 2 kali sehari selama beberapa minggu.

7. Minyak Almond

Minyak almond baik untuk kulit. Almond yang bergizi  dapat membantu mempertahankan warna kulit bahkan bisa menjaga kulit agar sehat dan tetap bercahaya.

» Pijat daerah yang terkena dengan minyak almond selama sekitar 5 menit setiap hari sebelum tidur. Dalam beberapa hari, lihat hasilnya.
    

8. Mint

Mint mengandung minyak atsiri yang mempromosikan kolagen dalam tubuh. Ini membantu mempertahankan warna kulit bahkan dan membuat kulit bersinar dengan kesehatan.

» Rebus ½ cangkir air dengan segenggam daun mint selama 2 sampai 3 menit. Tambahkan  ½ air lemon, saring dan biarkan larutan sampai dingin. Rendam bola kapas dalam larutan ini dan gosokkan pada lutut dan siku. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu cuci dengan air hangat. Ikuti perawatan ini 1 atau 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

9. Kunyit

Kunyit juga sangat dianjurkan untuk siku dan lutut hitam karena dapat membantu mempertahankan dan membuat kulit bercahaya.

» Campur bubuk kunyit kecil dengan 1 sendok teh krim susu. Oleskan pada lutut dan siku dan pijat selama beberapa menit. Biarkan hingga kering, kemudian mencucinya dengan air hangat. Lakukan 1 sampai 2 minggu.

10. Mentimun

Mentimun bisa memutihkan kulit tubuh secara alami dan bantu menghilangkan lutut dan siku yang hitam. Mentimun juga membantu menjaga kulit pelembap dan bantuan dalam menghilangkan kotoran dari lapisan kulit luar.

» Gosokkan irisan mentimun [ukuran tebal] pada siku dan lutut selama 10 menit. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap hari.

Tips Tambahan:

» Pijat lutut dan siku dengan shea butter atau cocoa butter setiap malam sebelum tidur.
» Gosokkan irisan kentang tebal pada lutut dan siku selama 5 menit setiap hari sebelum mandi.
» Rajin menggosok kulit dengan scrubber atau batu apung.
» Pakai baju lengan panjang ketika berada di luar ruangan dengan suhu tinggi.
» Minum 8 sampai 10 gelas air perhari agar kulit lembut dan sehat. [][teks @pohanpow/top10homeremedies.com | foto berbagai sumber]