Bikin Sendiri Pewarna Rambut
Beauty

Bikin Sendiri Pewarna Rambut

by Pohan
Wed, 20-Jan-2016

Praktisnya sih, kamu tinggal beli pewarna rambut siap pakai. Tapi pewarna kayak gitu belum tentu terbuat dari bahan alami. Kamu juga bisa pergi ke salon untuk mewarnai rambut. Namun, butuh biaya yang nggak sedikit. Bagaimana agar kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar? Ya, buat pewarna rambut sendiri di rumah. Inilah warna rambut dan bahan-bahan yang kamu butuhkan:

1. Cokelat Tua - Teh Hitam & Kopi


Cara meraciknya, seduhlah teh dan kopi pada cangkir/gelas berlainan, isinya sekira satu gelas besar, kecuali untuk rambut tebal dan panjang, tinggal tambahkan saja jumlahnya. Seduhlah air teh dan kopi itu sampai kental dan berwarna pekat. Lalu, campurkan keduanya pada satu wadah. Diamkan beberapa saat sampai dingin. Setelah itu, pakailah cairan itu pada rambutmu dengan cara diremas secara perlahan dan merata. Kalau sudah selesai, rambutmu segera tutup dengan shower cap dan diamkan sekitar setengah jam. Kemudian, bilas rambutmu dengan air bersih.

Kamu bisa melakukan cara ini seminggu 2 kali agar hasil warnanya sesuai yang diinginkan. Namun, kamu harus hati-hati juga saat menuangkan cairan tadi pada rambutmu. Jangan sampai itu mengenai pakaianmu.

2. Cokelat Muda - Teh Chamomile & Lemon

Jika rambutmu pengen berwarna  cokelat muda, ada 2 pilihan campuran, yang bisa dipakai, yakni dengan teh chamomile dan lemon. Cara bikinnya, seduhlah teh tersebut sampai kental. Kalau mau pake lemon, cukup diperas hingga menghasilkan 1 cangkir lemon perasan. Setelah itu, hasil seduhan teh chamomile dan air meon dicampurkan dan tuangkan pada satu wadah. Pakailah campuran itu pada rambut sambil diremas-remas secara pelan. Lalu, diamkan rambutmu sekira setengah jam dengan penutup shower cap. Cara ini bisa diterapkan setidaknya 2-3 dalam seminggu agar hasil warna cokelat muda memuaskanmu.

Ada cara lainnya agar rambut berwarna cokelat muda, yakni dengan campuran kayu manis dan cengkeh. Kedua rempah ini bisa membuat batang rambut berwarna cokelat muda. Gampang lho bikin pewarna rambut dari campuran ini. Secangkir bubuk kayu manis dicampur dengan bubuk cengkeh. Dosis bubuk yang dipakai tergantung dengan tebal atau panjangnya rambutmu. Lalu, tambahkanlah air sampai secangkir penuh dan tuangkan cairan itu pada rambut secara pelan-pelan sembari rambutmu diremas. Tutupi dengan shower cap dan diamkan sekitar setengah jam lebih. Kamu boleh mengulangi cara ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu agar hasilnya memuaskan.

3. Merah Gelap - Bunga Sepatu & Mawar

Cara membuatnya, tumbuklah secara berbarengan sampai halus segenggam kelopak bunga sepatu dan segenggam kelopak bunga mawar merah. Aplikasikan pada rambutmu secara pelan, lalu remas-remas rambutmu supaya cairan itu merata. Setelah itu, rambut didiamkan dengan penutup shower cap. Hasilnya akan memuaskan jika kamu lebih lama mendiamkannya.

Kamu bisa melakukan cara ini 2 atau 3 kali dalam seminggu supaya hasil warna rambut lebih bagus. Manfaat lainnya memakan pewarna kedua bunga ini adalah membuat rambutmu kelihatan berkilau.

4. Merah Terang - Buah Bit & Paprika




Campurkan bubuk pabrika dan bubut bit dalam satu cangkir berbeda, lalu tambahkan air sedikit. Aduklah secara merata campuran tadi hingga merah mengental. Tuangkan pada rambutmu sedikit-sedikit, remas helaian rambut agar cairan merata pada semua bagian rambut. Diamkan beberapa menit dengan menutupnya pakai shower cup.  Supaya hasilnya memuaskan, lebih baik cara ini dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

5. Hitam - Kacang Walnut & Urang Aring

Banyak wanita Indonesia mengidamkan rambut hitam mengilat. Agar kamu bisa memiliki rambut seperti itu, pakailah biji walnut dan urang aring. Cara bikin racikannya cukup gampang. Setengah cangkir bubuk berwarna hitam itu dibungkus pada kain tebal. Lalu seduhlah bubuk itu pada sekitar 3 cangkir air hangat. Agar warnanya lebih pekat, diamkan seduhannya selama semalam. Lalu oleskan cairan itu pada tiap helaian rambut. Kamu harus memastikan pemakaiannya  merata agar hasilnya keren.  Cara ini bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Sedangkan kalau pakai urang aring, kamu siapkan saja segenggam daun urang aring, lalu tumbuk hingga mengental dan hitam pekat. Tuangkan cairan urang aring ini secara merata pada rambut yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Agar warna hitamnya tetap melekat, kamu jalani proses ini setiap beres keramas. Tapi kamu harus memastikan rambut sudah kering saat hendak mengoleskan cairan tadi.

6. Pirang atau Blonde - Kunyit

Selama ini kunyit dipakai sebagai bumbu nasi kuning. Nah ternyata manfaat lainnya bisa membuat rambut jadi pirang. Cara bikin ramuannya, seperempat cangkir kunyit diparut, lalu tambahkan air hangat sedikit demi sedikit. Setelah itu, peras parutan kunyit tadi, kemudian masukan cairannya pada botol spray. Semprotkan cairan kunyit ini pada seluruh batang rambut hingga merata sambil rambutmu diremas secara pelan-pelan supaya cairannya terserap rambut. Barulah setelah itu, rambut boleh didiamkan beberapa menit hingga mengering, lantas bilas dengan air bersih. Cara ini bisa kamu lakukan 2-3 kali dalam seminggu agar hasilnya memuaskanmu.[][teks @pohanpow/hariangadis.com | foto berbagai sumber]