Basmi Jerawat Tanpa Kimia
Beauty

Basmi Jerawat Tanpa Kimia

by Sherra
Thu, 09-Apr-2015

Jerawat? Hmm.. ini masalah yang biasa dialami dalam masa pubertas, wanita saat PMS, atau yang memiliki hormon tubuh berlebih. Bukan cuma itu, jerawat juga bisa muncul ketika kita mengalami stres atau mengonsumsi junk food dengan kadar gula dan lemak jenuh.

Biasanya, jerawat muncul pada wajah, punggung, bahkan ada juga pada kepala karena adanya produksi sebum berlebih sehingga menyumbat pori dengan sel-sel mati dan minyak.

Hati-hati saat kamu jerawatan! Jangan main asal sentuh, garuk, atau dipencet. Kenapa? Hal itu cuma bikin jerawat tambah parah, membekas, dan menyebar ke daerah lain, bahkan bisa menimbulkan  infeksi karena tangan kamu yang nggak steril. Mungkin banyak yang udah pakai berbagai macam produk penghilang jerawat, tapi jerawat masih betah?

Daripada terus menerus pakai bahan kimia, baiknya sih kamu pakai bahan herbal dan tradisional di bawah ini agar nggak ada efek sampingnya.

1. Bawang Putih

Cusss... ke dapur, cari bawang putih, trus haluskan. Pakai pada bagian yang jerawatan, beberapa kali sehari. Bawang putih bisa bantu mengurangi rasa sakit dan juga menyembuhkan jerawat dengan cepat.

2. Lidah Buaya
Lidah buaya termasuk pembersih kulit yang luar biasa. Lidah buaya bisa melembabkan, melawan infeksi, dan mempercepat penyembuhan jerawat karena mengandung antiseptik untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab jerawat. Coba deh oleskan langsung gel yang ada di lidah buaya pada kulit yang jerawatan.

3. Lemon
Bersihkan kulit dengan jus lemon dengan kapas. Kandungan asam pada lemon bisa membantu mengecilkan pori-pori dan membuat kulit tampak cantik. Kamu juga bisa menguapi wajah terlebih dahulu agar pori-pori terbuka, lalu bersihkan dengan jus lemon. Lakukan cara ini seminggu sekali.

4. Ketumbar 
Minum teh juga bisa hilangkan jerawat. Eits... jangan lupa, tehnya harus dicampur dengan ½ sendok teh ketumbar, jinten, dan adas. Seduh semuanya dalam air panas selama 10 menit. Saring dan minum teh tersebut setelah sarapan, makan siang, dan makan malam.

5. Basil 
Basil adalah jenis tanaman yang berbau dan berasa khas, salah satunya adalah kemangi. Seduh dua sampai empat sendok teh daun kemangi kering, diamkan selama 10 sampai 20 menit hingga dingin dan oleskan pada jerawat.

6. Mentimun
Selain segar, mentimun juga bisa jadi obat jerawat. Caranya, kupas timun, blender, dan aplikasikan pada jerawat. Selain jadi obat luar, jus timun yang diminum empat atau lima cangkir setiap hari dalam seminggu bisa menghasilkan kulit yang indah, membersihkan darah dan sistem limfatik.

7. Biji anggur
Selain buahnya, ternyata biji anggur yang telah diekstrak adalah agen antimikroba yang kuat dan disinfektan yang sangat baik. Minyak biji anggur dicampur dengan air lalu dipakai pada bagian yang berjerawat dua atau tiga kali sehari.

8. Akar Manis [Licorice]
Tanaman ini bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk menghilangkan pembengkakan jerawat. Akar manis juga bisa meringankan kemerahan pada jerawat dan kulit bersisik karena iritasi. Tapi akar manis harus dihindari wanita hamil dan ibu menyusui.

9. Tea Tree Oil
Minyak pohon teh ini berguna untuk mengobati infeksi kulit, menyembuhkan luka bakar pada kulit, dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleskan satu tetes tea tree oil yang dilarutkan dengan 9 tetes air pada wajah dengan kapas.

10. Minyak Lavender
Minyak lavender adalah obat herbal alami yang dikenal untuk analgesik, antibakteri dan antivirus. Minyak lavender bisa langsung dioleskan pada kulit, tapi harus dicampur minyak biji anggur karena kandungannya yang sangat kuat. Minyak lavender juga bisa meringankan rasa sakit, kemerahan dan peradangan jerawat.

11. Teh Hijau
Teh hijau mengandung polifenol dan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Caranya rebus teh hijau, lalu diamkan selama 5 menit. Usapkan teh hijau ini pada bagian wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas.

12. Daun Mint
Daun mint mengandung mentol yang bisa menghilangkan nyeri pada jerawat dan menghapus efek kemerahan. Caranya, haluskan daun mint lalu oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan 5-10 menit.

13. Kentang
Jangan dibikin sambal goreng kentang ya.. parutan kentang tanpa kupas bisa digosokkan ke wajah selama beberapa menit, lalu biarkan selama 15-30 menit.

14. Kulit Pisang
Setelah makan pisang, kulitnya jangan dibuang tapi gosokkan saja secara melingkar pada wajah, diamkan 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Pisang mengandung lutein dan antioksidan yang sangat kuat untuk mengurangi pembengkakan, peradangan, dan mendorong sel-sel baru.

15. Stroberi dan Madu
Stroberi mengandung asam salisilat yang dapat membuka pori-pori tersumbat dan menetralkan bakteri. Haluskan 3 buah stroberi, lalu tambahkan 2 sendok teh madu. Oleskan pada wajah yang berjerawat, diamkan 20 menit lalu bilas.

16. Kulit Jeruk
Jeruk udah dikenal bermanfaat untuk kulit. Nggak cuma buahnya aja yang bikin kulit segar, tapi kulitnya pun bisa juga membersihkan kulit yang terkena jerawat. Caranya dengan menghaluskan kulit jeruk dengan air hingga menjadi pasta, dan oleskan ke wajah selama 20-25 menit.

17. Pepaya
Udah banyak produk kecantikan yang menggunakan pepaya sebagai bahannya. Ah, nggak usah pake produknya, langsung aja manfaatkan pepaya yang dihaluskan untuk wajah sebagai masker. Pasalnya, pepaya bisa menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah, mengurangi peradangan, dan mencegah nanah. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto dpsw.org/timesupdate.com]