Usir Kantung Mata
Beauty

Usir Kantung Mata

by Sherra
Fri, 27-May-2016

Kantung mata adalah efek penuaan. Itu tak bisa ditawar. Tapi juga bisa disebabkan karena kurang tidur, alergi, dan kebiasaan yang menimbulkan retensi air.

Kantung mata bikin wajah terlihat kurang segar. Selain mengompres mata dengan timun, kentang, atau kantung teh yang telah didinginkan, berikut adalah cara mengatasi kantung mata seperti mata panda.

1. Minum air secukupnya adalah cara yang paling mudah menyingkirkan mata bengkak atau berkantung. Timbulnya kantung mata sering disebabkan retensi air oleh tingginya kadar garam di area mata. Biasanya penyebab timbulnya kantung mata setelah orang mengonsumsi makanan asin atau menangis. Kondisinya akan terlihat ketika orang itu baru bangun tidur. Prosesnya, garam akan menarik air ke wajah dan membuat kantung mata. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kecil kemungkinan mata akan berkantung.

2. Mau kantung mata hilang dalam sekejap? Bisa aja. Tapi dengan concealer. Pemakaiannya pas buat kamu yang hendak ke pesta atau bertemu teman tanpa tampilan mata panda.

3. Dinginkan sendok, di freezer selama 10 menit. Lalu gunakan untuk mengompres kantung mata. Temperatur dingin pada sendok bisa menyempitkan pembuluh darah dan menggerakan cairan pada kantung mata. Metode ini nggak akan bertahan lama sih.. Paling nggak, kantung mata bisa pergi untuk beberapa jam.

4. Kalau kantung mata disebabkan alergi, periksakan pada dokter yang ahli di bidangnya dan jauhi sumber alergi, seperti debu atau hewan. Pastikan rumah kamu bersih.

5. Posisi tidur miring memungkinkan kantung mata muncul saat bangun tidur. Posisi ini membuat cairan terkumpul di bawah mata. Mengubah posisi tidur memang sulit. Tapi cobalah secara bertahan untuk tidur terlentang.

6. Kamu pasti sangat melindungi kulit badan dari sinar matahari. Apakah kamu lakukan juga untuk mata? Terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa membuat kerutan atau kekenduran pada kulit di sekitar mata. Gunakan tabir surya, kacamata, atau topi untuk lindungi bagian wajahmu.

7. Kadang, ketika sampai rumah rasanya malas untuk membersihkan wajah, apalagi make-upnya. Itu cuma bikin mata bengkak saat pagi. Bersihkan wajah dengan sabun atau makeup remover setiap malam sebelum tidur.

8. Rasakan hebatnya putih telur. Oleskan dengan kuas di area mata, tentunya bagian kantung mata. Ini bisa bikin kulit bawah mata lebih kencang dan mengurangi bengkak. Setelah dioles, diamkan 20 menit, dan bilas dengan air dingin.

9. Mungkin sering dengar bahwa madu memiliki sifat anti-inflamasi sebagai masker. Oleskan madu pada area mata sebelum tidur dan bilas di pagi harinya. Mata panda atau kantung mata pun terlihat berkurang. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto besthealthandbeautytips.com, cbcnews.com]