Mari Cegah Kerutan
Beauty

Mari Cegah Kerutan

by Sherra
Thu, 04-Aug-2016

Saat usia berapa kerutan pada wajahmu mulai terlihat? Kita mungkin nggak bisa menghentikan proses penuaan. Tapi setidaknya kerutan masih bisa dikurangi dengan mengetahui penyebabnya dulu, misalnya karena  sinar matahari, merokok, dehidrasi, kurang nutrisi, ekspresi wajah, polusi, toksin, efek penuaan, tidur dengan posisi miring. Apakah kamu sudah mengatasi semua penyebab itu? 

Nah, ada baiknya kamu mengikuti tips berikut ini, mencegah kerutan secara alami. 

1. Hindari sinar matahari langsung, entah pakai jaket, kacamata, atau payung. Misalnya, pakai kacamata UV protection untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari. Kamu pun nggak perlu menyipitkan mata karena silau pada akhirnya bikin kerutan bertambah.

2. Pakai tabir surya. Cara ini bakal menjaga kulitmu dari risiko kanker kulit serta menghindari kerutan. Jangan lupakan bagian leher dan bagian tubuh lain ya! Rawat juga wajahmu dengan memakai krim malam dan krim mata.

3. Jangan merokok. Beberapa studi menyatakan, merokok bikin kulit menua. Perokok berat dapat 5 kali menunjukkan kerutan daripada non-perokok. Merokok dapat membahayakan komponen penting dari kulit, seperti kolagen dan elastin.

4. Tetaplah terhidrasi dengan minum air, air kelapa, atau green tea [penuh dengan anti oksidan]. Nggak hanya melembabkan kulit, tapi air juga membersihkan badan dari toksin.

5. Konsumsi makanan dengan antioksidan tinggi, yaitu makanan bervitamin A, C, E dan beta karoten. Misalnya: blueberry, bayam, kacang-kacangan, kiwi, buah dan sayuran lainnya.

6. Tidurlah terlentang agar wajahmu nggak tergesek sarung bantal. Kalau nggak memungkinkan, kamu bisa ganti sarung bantal berbahan sutra atau satin karena lebih lembut.

7. Kerutan juga bisa faktor genetika. Jadi, seseorang akan terlihat lebih tua dari usianya. Namun tentu gaya hidup juga mempengaruhi proses penuaan.

8. Gel dalam daging lidah buaya bisa menenangkan kulit yang telah terpapar sinar matahari. Kulit terbakar matahari adalah salah satu faktor yang menimbulkan kerutan pada kulit.  Kalau kamu punya tanaman lidah buaya di rumah, beruntung! Kamu tinggal pakai gelnya pada wajah.

9. Jangan lupa bahagia dan pakai masker buah-buahan. Caranya simak di sini. [][teks @saesherra/thecrunchymoose.com/medicaldaily.com | foto gettyimages]