Obat Alami Rambut Rontok
Beauty

Obat Alami Rambut Rontok

by Sherra
Tue, 03-Jan-2017

Nggak ada 'kan yang pengin rambutnya rontok? Yup, Ini hal sering ditakuti. Apalagi bagi wanita. Rontok disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya, saja merokok, ketidakseimbangan hormon, stres, faktor lingkungan, infeksi kulit kepala, obat-obatan, makanan atau kondisi medis tertentu.

Rambut rontok bisa dirawat dan dicegah dengan berbagai produk yang dijual di supermarket. Tapi alangkah baiknya kalau kita memanfaatkan bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia. Nggak ada efek samping dan tentunya biayanya terjangkau.

» Santan

Santan adalah obat alami yang paling efektif untuk rambut rontok. Kaya nutrisi penting yang bisa mendorong pertumbuhan rambut, seperti potasium, zat besi dan asam lemak. Aplikasikan santan dari kelapa segar pada kulit kepala selama beberapa jam, lalu bilas.

» Masker telur

Ini cara klasik, tapi coba dapetin manfaatnya. Putih telur memiliki sifat restoratif dan kandungan gizi yang tinggi. Kandungan yodium, selenium, fosfor, besi, belerang dan seng yang tinggi bisa mengembalikan kilau rambut dan membuatnya sehat dan lembut.

» Bawang bombay

Kurangnya sirkulasi darah dan oksigen menyebabkan kematian sel-sel kulit kepala, yang mengakibatkan rambut rontok. Kandungan sulfur yang tinggi pada bawang bombay bisa meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Bawang bombay memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh kuman penyebab rambut rontok pada kulit kepala. Aplikasikan bawang bombay yang telah dihaluskan pada kulit kepala selama beberapa menit, lalu bilas dengan sampo. Lakukanlah  seminggu sekali.

» Lidah buaya

Selain menumbuhkan kembali rambut rontok, lidah buaya bisa menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Itu karena kandungan enzim proteolitik. Sifat alkalizing pada lidah buaya juga mempertahankan pH pada kulit kepala.

» Kentang

Rambut rontok dapat dipicu oleh nutrisi yang tidak memadai dari helai rambut. Rambut kamu kering, pecah, dan tipis? Coba deh, kentang kaya vitamin B6, vitamin A, dan vitamin C. Kentang juga mengandung berbagai mineral, seperti fosfor, mangan, kalsium dan niacin. Parut kentang, lalu aplikasikan pada kulit kepala. Kentang bisa mencegah pengeringan rambut dan botak dini.

» Air lemon

pH rendah pada jeruk lemon efektif dalam membersihkan minyak dan sel-sel mati dari kulit kepala. Vitaminnya menutrisi folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Aplikasikan jus lemon pada kulit kepala untuk menghilangkan ketombe, mengurangi minyak pada kulit kepala, dan mencegah rambut rontok.

Selamat mencoba ya! [][teks @saesherra/lifehack.org | foto pixabay.com]