Cantik dan Sehat dengan Santan
Beauty

Cantik dan Sehat dengan Santan

by Pohan
Thu, 07-May-2015

Santan bikin sedap kolak dan sayuran? Ah, itu biasa. Yang kurang biasa kalau cairan putih kelapa ini dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Pengepresan hasil parutan daging kelapa dengan atau tanpa penambahan air [ekstrasi] biasanya sih untuk bermacam makanan berkuah agar terasa nikmat. 

Lantas, apa saja manfaatnya untuk kecantikan? Yuk, kita simak informasi berikut ini:


1. Rambut
Santan dapat digunakan sebagai kondisioner yang efektif untuk rambut karena mengandung minyak dan nutrisi lain yang bisa memperkuat akar rambut.

Penggunaan santa kelapa juga dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menunda timbulnya uban. Rambut akan menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah rontok saat di blow drying atau dikeriting.

Kelembaban alami yang disediakan oleh santan juga dapat membantu membasmi ketombe. Pijatkan santan kelapa pada kulit kepala, biarkan selama 30 menit, kemudian cuci dengan shampo.

Saat dikombinasikan dengan minyak kelapa, santan bisa digunakan sebagai kondisioner yang membuat rambut menjadi lembut dan bersinar.

2. Scrub
Santan bisa dicampurkan bersama dengan produk lain untuk membuat scrub wajah atau tubuh.

Scrub dari santan kelapa efektif membersihkan pori-pori dan membantu pengelupasan kulit mati, membuat kulit lembut dan tampak sehat.

Campurkan 1 cangkir garam, 4 sdm santan kelapa, dan 1 1/2 sdm minyak kelapa sebagai pewangi.

Tambahkan santan lagi sampai campuran mencapai konsistensi yang diinginkan.

Oleskan pada kulit untuk mendapatkan efek pengelupasan alami dan murah yang dapat digunakan di seluruh tubuh.

3. Krim
Santan kelapa bisa dibuat menjadi krim untuk menambah kelembaban kulit dan membantu mencegah pengeringan dan meringankan gatal-gatal.

Campur santan dengan bubuk cendana, lantas oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas.

Santan juga dapat  langsung digosokkan pada kulit tanpa menambahkan bahan lainnya. Jika langsung digosokkan, santan tidak perlu dibilas.

4. Air Mandi
Santan juga dapat ditambahkan langsung pada air mandi untuk melembabkan kulit seluruh tubuh.

Tambahkan 1/2 cangkir santan ke bak mandi untuk membuat kulit menjadi lembut dan kenyal.

Tambahkan lagi 1/2 cangkir air mawar untuk memperkuat aroma air mandi, sementara masih mempertahankan efek positif santan kelapa.

Kulit kering membuat bakteri lebih mudah menginfeksi tubuh, sehingga pelembab kelapa dapat membantu menjaga kulit agar tetap sehat. [][teks @pohanpow/amazine.co | foto dok. tokomesinkelapa.com, imgarcade.com]