Ugh! Kulit Kering!
Beauty

Ugh! Kulit Kering!

by Sherra
Wed, 13-May-2015

Kulit kering yang bersisik, gatal, hingga iritasi pasti nyebelin banget! Kulit jadi terlihat kusam, kerut, dan nggak sehat. Kulit kering biasanya disebabkan oleh produk, AC, bahkan karena baju kamu sendiri. Jangan sampai kamu kayak spongebob yang kekurangan air di dalam lautan.

Tapi tenang aja, untuk mengantisipasi kulit kering, LINIKINI punya caranya..

1. Mandi air hangat
Jangan mandi pakai air yang terlalu panas, tapi mandilah dengan air yang hangat selama 5-10 menit. Gunakanlah handuk berbahan lembut. Agar efektif, oleskan pelembab segera setelah mandi atau mencuci wajah.

2. Gunakan produk yang cocok untuk kulit
Kulit akan menjadi lebih kering kalau mandi dengan sabun yang banyak deterjen dan pewangi. Sabun, deodoran, toner berbasis alkohol, dan produk yang mengandung wewangian dapat mengiritasi kulit kering yang sensitif. Bersihkan kulit dengan menggosoknya dengan lembut. Setelah mandi, gunakan aja body butter yang lebih efektif dari lotion. Carilah yang mengandung minyak zaitun atau minyak jojoba.

3. Cukur bulu halus dengan benar

Kamu pasti suka menghilangkan bulu tangan atau kaki. Sayangnya, mencukur bisa membuat kulit yang memang kering jadi iritasi. Lebih baik cukurlah kulit setelah kamu mandi karena bulu akan lebih lentur saat dicukur. Gunakan juga krim atau gel khusus, dan cukur ke arah rambut tumbuh. Ingat! pastikan pisau cukur kamu tajam agar nggak bikin iritasi tambah parah. Bersihkan pisau yang telah dipakai sebelumnya dengan alkohol.

4. Lindungi kelembaban kulit
Sinar matahari adalah salah satu penyebab di balik kulit kering, kerut, dan kasar. Sebelum keluar rumah, oleskan tabir surya. Pakailah pakaian lembut, misalnya katun karena ini memudahkan kulit bernafas.

5. Hand cream
Banyak produk rumah tangga yang bisa membuat kulit kering. Kamu bisa gunakan sarung tangan khusus saat bersentuhan dengan bahan kimia saat bersih-bersih di rumah. Kalau perlu, pakai hand cream setelah cuci tangan dan gunakan petroleum jelly di tangan sebelum tidur.

Belum berhasil juga? Coba cara alami berikut. Selain mudah didapat, siapa tahu bisa membantu..

Susu
Susu bersifat anti-inflamasi yang bisa singkirkan gatal pada kulit. Beberapa susu juga mengandung asam laktat yang bermanfaat untuk kulit. Caranya bukan diminum, melainkan dipakaikan pada kulit.  

  • Tuanglah 1 liter susu dingin ke dalam mangkuk atau baskom.
  • Celupkan kain lap atau kasa ke dalam susu tersebut.
  • Aplikasikan ke kulit kering kamu selama 5 menit.

Alpukat
Membuat masker wajah alpukat sendiri di rumah adalah cara alami untuk meringankan kulit kering.

  • Jus alpukat [secukupnya], tambahkan 1 sdt minyak zaitun.
  • Tambahkan 1 sdm madu kalau kulit sangat kering.
  • Oleskan masker pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit
  • Bilas dan gunakan pelembab wajah.

Minyak Zaitun & Gula
Buatlah pelembab pengelupasan alam dengan minyak zaitun dan gula.

  • Campurkan ½ cangkir gula dengan 2 sdm minyak zaitun.
  • Gosokan scrub tersebut ke kulit lalu bilas.

Oatmeal
Tambahkan 1 cangkir oatmeal ke dalam air hangat untuk mandi. Manfaatnya adalah untuk rehidrasi kulit kering secara alami dari air mandi tersebut. Oatmeal juga bisa untuk masker atau exfoliator.

  • Campurkan 2 sdm oat, 1 sdm madu, dan sedikit air, aduk rata.
  • Gosokkan ke kulit lalu bilas atau diamkan selama 15-20 menit sebagai masker.

Lidah Buaya
Kandungan lidah buaya salah satunya adalah vitamin E yang bisa menenangkan dan melembabkan kulit kering.

  • Oleskan gel lidah buaya pada wajah dan diamkan 15 menit, lalu bilas.
  • Gunakanlah sekali atau dua kali dalam seminggu.

Selamat mencoba! Semoga cara di atas bisa ringankan kulit keringmu yah.. Tapi kalau belum memberikan hasil, kamu mungkin harus bertemu dokter kulit. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]