Kesalahan-kesalahan Hair Removal
Beauty

Kesalahan-kesalahan Hair Removal

by Sherra
Fri, 07-Jul-2017

Dari zaman dulu, manusia memang gemar menyingkirkan bulu dari tubuh. Orang Mesir kuno melakukannya dengan pinset dan batu apung. Dan saat ini, yaa  sebagian besar wanita menghilangkan bulu demi kecantikan dan kebersihan.

Entah dengan cara cukur, wax, atau laser. Nah, Inilah sejumlah kesalahan hair removal dan tipsnya untuk bantu kamu mendapatkan kulit tanpa bulu tanpa salah langkah.

Cukur:

1. Nggak menyimpan pisau cukur dengan baik.

Menyimpan pisau cukur di kamar mandi bikin karat dan nggak tajam. Bersihkan dan keringkan pisau setelah menggunakannya. Dan simpanlah di luar kamar mandi.

2. Nggak ngompres kulit dengan handuk panas sebelum cukuran.

Cara ini untuk melembutkan rambut. Jangan sekali-kali ngompres kulit pakai air dingin karena bisa bikin krim cukur lebih sulit meresap ke kulit dan jadi kurang efektif.

3. Melupakan eksfoliasi kulit.

Padahal sebelum mencukur atau waxing, ini dianjurkan lho biar hasilnya bisa lebih maksimal. Eksfoliasi kulit secara teratur bisa membantu mencegah rambut tumbuh ke dalam [ingrown hair].

4. Nggak mencukur searah dengan rambut tumbuh.

Kamu seharusnya mencukur searah. Kalau nggak, bisa menyebabkan iritasi dan bikin pisau cukur tumpul.

5. Ganti pisau cukur lama.

Menggunakan pisau cukur yang sama selama berbulan-bulan? Pakar merekomendasikan menggunakan pisau cukur sekali pakai dan nggak lebih dari 4 kali.

Waxing:

1. Paling tepat adalah sebelum atau sesudah menstruasi.

Kalau rasanya kamu lagi ekstra sensitif, hindari waxing tepat sebelum, selama atau setelah menstruasi. Fluktuasi hormonal selama masa ini bisa membuat waxing lebih menyakitkan. Cobalah di 7 hari sebelum atau sesudah menstruasi.

2. Nggak pakai tabir surya setelah waxing.

Waxing menyebabkan kulit lebih sensitif. Paparan matahari bisa mengakibatkan kulit terbakar dan hyperpigmentation. Aplikasikan tabir surya hypoallergenic paling nggak SPF 15 sebelum ke luar rumah.

3. Eksfoliasi kulit setelah waxing.

Menurut para ahli, kamu harus membiarkan area yang di-waxing beristirahat paling sedikit 2 hari penuh sebelum dieksfoliasi. Kalau nggak, nanti kulit bisa sangat menyakitkan dan akibatnya bikin kemerahan dan iritasi.

Laser:

1. Ngarep hasil permanen.

Meskipun sering digadang-gadang hasilnya permanen, hair removal laser cuma menawarkan pengurangan rambut yang signifikan dan nggak akan menghilangkan rambut selamanya. Kalau mau yaa, tetap perawatan rutin biar tetap mulus.

2. Jangan mencukur sebelumnya.

Mencukur cuma bikin folikel rambut hancur. Rambut sisanya akan mencegah panas laser dari peresapan batang rambut. Hal ini juga dapat menyebabkan perawatan menjadi lebih menyakitkan.

3. Mengabaikan perawatan setelahnya.

Kulit akan ekstra sensitif dan lebih rentan terhadap kerusakan kulit setelah laser hair removal. Pakailah tabir surya untuk mencegah hiperpigmentasi. Hindari mandi air panas dan ruang spa. Setidaknya dua hari penuh biar kulit sembuh dahulu.[][teks @saesherra/lifehack.com | foto pixabay.com, endlessbeauty.com]