Cara Alami Hitamkan Rambut
Beauty

Cara Alami Hitamkan Rambut

by Yogira
Wed, 12-Jul-2017

Rambut hitam itu indah. Siapapun bisa memilikinya asalkan mau telaten merawatnya. Nah, cara alami seperti ini semoga bisa mewujudkan keinginanmu berambut hitam alami.

1. Air Teh Basi

foto Zest Tea

Yang basi biasanya langsung dibuang karena dianggap sudah nggak berguna. Tapi itu tak berlaku bagi air teh basi. Ternyata kandungannya berguna untuk menormalkan pigmentasi rambut. Soalnya teh basi memiliki senyawa zinc, vitamin, kalsium, dan mineral lainnya. So, teh basi nggak cuma bisa menghitamkan rambut, tetapi juga mineralnya yang alami mampu mencegah munculnya uban.

Cara Meramu:

Siapkan secangkir teh tanpa gula, lalu diamkan selama semalam. Esok paginya, basuhkan teh basi pada seluruh rambut. Pijat-pijatlah rambut hingga air tehnya meresap. Lantas diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin sampai bersih, atau bisa langsung keramas saja. 

2. Biji Pepaya Hitam

foto Robert von Rotz Roy/youtube

Orang zaman dulu percaya bahwa biji pepaya bisa mencegah munculnya uban sekaligus melembabkan rambut. Manfaat lainnya sebagai penghitam rambut.

Cara Meramu:

Siapkan segenggam biji pepaya, lalu sangrai hingga kering tanpa minyak goreng. Lalu, tumbuklah biji pepaya tadi hingga halus, kemudian campurkan minyak kelapa sampai mirip shampoo.  Oleskan tumbukan halus biji pepaya pada seluruh bagian rambut secara merata, sekitar 5-15 menit, kemudian diamkan rambut selama 30 menit. Setelah meresap, bersihkan rambut dengan cara keramas.

3. Kopi

foto Latest World News

Air kopi pun bisa menghitamkan rambut. Bagaimana caranya?

Cara Meramu:

Seduhlah kopi pada secangkir air hangat, lalu diamkan sampai dingin. Kemudian saring dan buang ampasnya.  Cucilah rambut dengan air kopi berkali-kali, lalu bilas rambut dengan shampoo. 

4. Lidah Buaya

foto Moksha Lifestyle

Tanaman yang mengandung mineral alami ini bagus untuk menghitamkan dan menebalkan rambut.

Cara Meramu:

Ambilah getah lidah buaya serupa gel, lalu oleskan pada kulit kepala. Biarkan rambut sekitar 30 menit, lantas bilas dengan air dingin sebersih mungkin.

5. Minyak Zaitun

foto Evening Standard

Minyak ini pun bisa menghitamkan rambut.

Cara Meramu:

Oleskan saja minyak rambut pada kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat. Kemudian, tutup rambut dengan handuk hangat selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih. [][teks @yogirudiat/berbagai sumber | foto Babilon Kay  Ayurveda and Yoga, berbagai sumber]