Kebiasaan Baik Wanita Demi Kulit Sempurna
Beauty

Kebiasaan Baik Wanita Demi Kulit Sempurna

by Pohan
Tue, 08-Aug-2017

Cuek boleh, tapi namanya wanita tetap kudu merawat diri supaya kulit nggak kusam. Apa aja sih kebiasaan yang baik?

1. Gunakan pembersih yang benar sesuai dengan jenis kulit. Dr. Ava Shamban, ahli kulit Santa Monica menyarankan gel salisilat atau benzoil peroksida untuk kulit berminyak atau berjerawat.

2. Minum cairan yang tepat. Joanna Vargas, facialist perawatan kulit NYC menyarankan untuk minum klorofil setiap pagi untuk mencerahkan, mengoksidasi, dan melembapkan kulit.

3. Lakukan diet sehat. Tambahkan biji rami pada menu salad. Biji rami kaya akan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit.

4. Gunakan pelembap setiap hari dan malam. Waktu terbaik untuk melembapkan kulit saat keluar dari kamar mandi dan sebelum tidur. Hindari lotion dengan wewangian.

5. Jemari tidak menyentuh wajah. Ini sangat penting karena tidak hanya menyebarkan bakteri dan jerawat namun juga bisa menyebabkan jaringan parut, keriput, bahkan flu.

6. Tidak menggunakan banyak produk, misalnya memakai lebih dari satu atau dua produk sekaligus karena itu bisa menyebabkan kulit kasar, banyak jerawat, dan pori-pori tersumbat.

7. Pakai tabir surya baik cuaca hujan atau cerah. Tidak hanya di pantai sebab kulit butuh perlindungan kapan pun dan di mana pun, termasuk saat mengendarai mobil hingga naik pesawat terbang.

8. Memilih produk pembersih, pelembap, dan anti penuaan yang mengandung formula hidrasi. Tak lupa juga untuk minum air mineral sekitar delapan gelas sehari.

9. Hindari paparan sinar langsung. Tidak hanya waspada terhadap sinar matahari, tetapi pemanas dan perapian karena jika terlalu dekat bisa menimbulkan peradangan dan kerusakan kolagen.

10. Memilih produk pH netral sehingga tidak kering karena terkelupas. Perlu diketahui, manusia kehilangan 50 juta sel kulit dalam sehari jika tidak dirawat kulit akan mengerut.

11. Berikan vitamin pada kulit atau antioksidan topikal, yaitu serum dan krim yang mengandung bahan yang memberi nutrisi pada kulit. Ini membantu memperbaiki kulit yang rusak.

12. Perawatan alat make-up. Cuci sikat concealer dan foundation seminggu sekali. Sikat yang digunakan sekitar mata dua kali per bulan, dan sikat lainnya kira-kira sebulan sekali.

13. Tidak hanya tabir surya. Cara lain untuk melindungi kulit adalah dengan memakai kacamata hitam, dan topi dengan tepi yang lebar. Ini untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

14. Lakukan perawatan kulit dengan produk minuman, misalnya minum teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga bisa membantu dalam melawan radikal bebas.

15. Jaga kualitas tidur. Usahakan tidak sering begadang. Gunakan sarung bantal berbahan sutra untuk mencegah kerutan dan keriput. Selain itu bisa mengindari kusut dan kerusakan rambut. [][teks/ @pohanpow/goodhousekeeping.com | foto dok. pixabay.com]