}
Bedanya Peeling dan Scrubbing Wajah
Beauty

Bedanya Peeling dan Scrubbing Wajah

by Intern 2
Fri, 29-Jun-2018

Dunia kecantikan bagi kaum hawa tak ada habisnya, mulai dari perlengkapan skincare hingga makeup. Sebagian besar wanita menganggap cuci muka dan menggunakan krim sudah cukup untuk membersihkan wajah.

Namun, ada cara lain yang perlu CommuteGirls perhatikan untuk kesehatan wajahnya, yaitu perawatan eksfoliasi kulit.

Eksfoliasi kulit atau mengangkat kulit mati pada wajah merupakan perawatan wajah yang tidak boleh terlewatkan untuk membuat kulit terlihat lebih cerah. Untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit wajah, perawatan yang biasa dilakukan adalah menggunakan facial scrub atau peeling.

Dokter Harold Lancer, dermatologist asal Amerika mengatakan scrubbing berfungsi menghilangkan sel kulit yang kusam dan kering yang berada pada lapisan atas kulit.

"Eksfoliasi secara teratur membantu mendorong pergantian sel yang berguna mengurangi timbulnya warna kulit yang tidak merata dan noda gelap pada wajah," kata dr. Harold seperti dikutip dari Teen Vogue.

Pada dasarnya, fungsi scrubbing dan peeling hampir serupa, yaitu mengangkat sel kulit mati sehingga sel kulit baru terbentuk dan pori-pori lebih bersih. Perbedaan keduanya terletak pada cara kerjanya.

FACIAL SCRUB

Scrub adalah salah satu jenis eksfoliator yang memiliki tekstur fisik berupa butiran halus berukuran kecil yang berfungsi mengangkat sel kulit mati.

Pada umumnya, scrub akan bekerja lebih maksimal jika Anda melakukan pijatan lembut ke seluruh bagian wajah. Pijatan ini akan merangsang peredaran darah sekaligus meningkatkan penetrasi nutrisi ke dalam kulit.

FACIAL PEELING

Peeling mengangkat sel kulit mati dengan cara yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan facial scrub. Jika scrub digunakan dengan menggosok dan memijat lembut, peeling biasanya berbentuk gel, krim, atau cair dan menggunakan kandungan bahan kimia aktif untuk menyingkirkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Kandungan bahan aktif pada peeling biasanya bekerja pada lapisan kulit yang lebih dalam.

Lalu, siapa saja yang bisa menggunakan produk peeling?

Jika memiliki kulit berminyak, kusam, memiliki noda hitam, Anda bisa mencoba menggunakannya. Tanpa perlu digosok atau dipijat, peeling cukup dioleskan pada wajah dan didiamkan, kemudian gunakan secara rutin sesuai petunjuk setiap produk hingga kandungannya bekerja.

Meski facial scrub dan peeling berfungsi sama dengan cara kerja yang berbeda, perlu diingat untuk tidak mengeksfoliasi wajah secara berlebihan. Sebaiknya, dilakukan dua kali seminggu untuk menjaga kulit wajah.

Namun ada beberapa produk yang memang diinstruksikan untuk dipakai selama beberapa hari berturut-turut. Jadi kembali lagi, ketahui kondisi kulit dan kebutuhannya terlebih dahulu, lalu lihat cara pemakaian produk yang Anda pakai secara teliti.

Nah, sekarang sudah tahu kan Commuters bedanya peeling dan scrubbing. Jangan tertukar lagi ya. [][teks @yolabonnita/Beauty Journal | foto skinco.id]