Mani-Pedi Time!
Beauty

Mani-Pedi Time!

by Pohan
Mon, 31-Aug-2015

Yuk, luangkan waktu untuk mani-pedi alias perawatan kuku kaki dan tangan. Itu penting lho.

Selain menjaga kebersihan juga tentu akan mempercantik diri. Kita bisa mani-pedi sendiri di rumah tanpa perlu mengantri di salon.

Alat yang dibutuhkan:

» Pembersih kutek [aseton]
» Kikir kuku
» Buffing block
» Body scrub
» Stik kutikula
» Minyak kutikula
» Pelembap
» Base coat, kutek, dan top coat

Caranya:

1. Mulailah dengan kuku yang bersih

Pastikan kuku tangan dan kaki bersih dari kutek. Gunakan aseton atau sejenisnya untuk membersihkan kutek. Kemudian bentuk kuku menggunakan gunting kuku, atau kikir. Gunakan buffing block untuk memperhalus kuku.
Ada berbagai macam bentuk kuku seperti almond, mountain peak, square, rounded, squarely rounded, dan oval. Yang oval adalah bentuk kuku standar dan  tidak mencolok [bentuk kuku sampai terlihat seperti telur]. Bentuk kuku ini cocok bagi yang jarinya terlihat kurang panjang.

Sedangkan bentuk kuku square, paling populer adalah yang fashionable. Caranya, letakkan alat kikir di posisi garis lurus, lalu mulai membentuknya hingga terlihat seperti kotak. Bentuk kuku ini cocok bagi yang berjari panjang dan kuku yang lebar.

2. Rendam dan scrub

Rendam tangan selama dua sampai tiga menit, dan kaki selama lima menit. Gunakan scrub buatan sendiri hanya dengan mencampurkan satu sendok makan gula dan satu sendok makan baby oil. Scrubbing memberikan efek relaksasi dan juga bisa menghaluskan kulit karena prosesnya untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kemudian bilas hingga bersih dan keringkan.

3. Perawatan kutikula

Kelembapan kulit harus terjaga. Gosokkan kutikula dengan minyak supaya bentuknya bagus. Jangan pernah sembarang menggunting kutikula karena bisa mengakibatkan luka dan infeksi.

4. Jangan lewatkan base coat

Oleskan base coat untuk menjadi alas kutek. Base coat berguna untuk menghaluskan permukaan kuku hingga kutek bisa terlihat rapi.

5. Hiasi kuku

Pilih warna kutek yang sesuai dengan mood kalau memang Anda bosan dengan kutek polos coba nail art.

6. Lindungi kutek

Setelah memakai kutek, lindungi dengan top coat agar tidak mudah rusak. Warnanya bisa bertahan lebih lama. Kalau Anda tidak sabar menunggu kutek kering, top coat bisa mempercepatnya.

7. Santai

Mani-pedi selesai, sekarang waktunya santai. Usahakan Anda tidak menyentuh apapun setelah mewarnai kuku agar hasilnya maksimal.

Simpan peralatan mani-pedi di tempat yang aman. Anda harus rajin membersihkannya satu persatu menggunakan alkohol. Rendam sekitar 30 menit untuk hilangkan bakteri/jamur. [][teks pohanpow/theeverygirl.com | foto glowbeautyshop.com, academiadebellezasiemprejoven.com]