Penghalau Bekas Luka dan Jerawat
Beauty

Penghalau Bekas Luka dan Jerawat

by Pohan
Wed, 02-Sep-2015

Tak dapat dipungkiri, bekas luka dan jerawat bisa membuat kita jadi nggak percaya diri. Tapi jangan kuatir, ternyata ada banyak ramuan dan krim di pasaran yang bisa menghilangkan bekas tersebut. Kalau rajin mengobatinya, kemungkinan bekas luka atau jerawat perlahan hilang. Tentu butuh tahap, tidak mudah seperti membalikkan tangan. Silakan pilih bahan dan cara-cara di bawah ini:

1. Lemon

Gosok bagian bekas luka dengan potongan lemon segar. Lemon bekerja sebagai pemutih alami yang bisa mengurangi noda dan bekas luka. Cara lainnya, minum air lemon [tanpa gula] dua kali sehari dalam 15 hari.

2. Minyak Rosehip

Minyak ini tak asing di dunia kosmetik bisa menghilangkan bekas luka. Gunakan beberapa tetes pada jari-jari Anda dan pijat lembut pada bekas luka. Lakukan dua kali sehari.

3. Es Batu

Es batu adalah obat rumahan yang murah dan sederhana untuk membantu hilangkan bekas luka. Ambil es batu dan gosokkan secara lembut pada bekas luka.

4. Lidah Buaya

Ambil daun lidah buaya dan potong menjadi dua bagian. Peras hingga keluar gelnya. Kemudian oles bekas luka dengan gel lidah buaya.

5. Minyak Pohon Teh

Obat alami ini sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka. Pastikan menggunakan minyak pohon teh yang sudah diencerkan.

6. Madu

Oleskan madu pada bekas luka.

7. Bubuk Cendana

Campur bubuk cendana dengan air mawar atau susu. Gosokkan pada bekas luka secara lembut. Biarkan selama satu jam dan bilas dengan air dingin.

8. Almond

Ambil 2-3 almond, rendam dalam air, dan biarkan semalaman. Kupas kulit almond dan tumbuk almond. Tambahkan beberapa tetes air mawar dan oleskan pada bekas luka.

9. Kentang

Gosok sepotong kentang pada bekas luka langsung.

10. Minyak Kelapa

Setiap kali Anda mendapatkan bekas luka, oleskan minyak kelapa di atasnya. Ini akan mengurangi bekas luka sampai akhirnya tidak terlihat.

11. Minyak Lavender

Ambil beberapa tetes minyak lavender dan oleskan pada bekas luka.

12. Fenugreek

Tumbuhan herbal ni dapat digunakan dengan banyak cara untuk mengurangi bekas luka. Haluskan daunnya, dan oles pada bekas luka. Atau ambil biji fenugreek dan didihkan. Jadikan pasta dan simpan di tempat yang dingin. Kemudian oleskan pada bekas luka.

13. Minyak Zaitun

Ambil beberapa tetes minyak zaitun dan oleskan pada bekas luka pada setiap hari. Minyak zaitun juga akan melembapkan kulit.

14. Mentimun

Letakkan sepotong mentimun mentah pada bekas luka.

15. Tomat

Oleskan potongan tomat pada bekas luka atau pijat dengan menggunakan airnya. Seperti lemon, tomat juga bekerja sebagai pemutih alami.

16. Krim Vitamin E

Oleskan krim vitamin E pada bekas luka.

17. Cocoa Butter

Terapkan cocoa butter pada bekas luka. Ini tidak hanya akan membantu bekas luka memudar, tetapi juga melembabkan kulit, membuatnya halus dan lembut.

18. Baking Soda

Ambil 5 sendok makan baking soda dan 1 sendok makan air. Campur sampai halus. Oleskan pada bekas luka dan biarkan kering. Setelah itu bilas. Lakukan tiga kali dalam seminggu.

19. Cuka Apel

Oleskan bekas luka dengan kapas yang dituang cuka apel. Kemudian bilas setelah didiamkan selama 10 menit.

20. Scrub Garam

Gunakan scrub garam yang berisi pepaya. Pepaya bisa membuat kulit Anda bersinar saat scrub garam bekerja untuk mengelupas dan menghilangkan kulit mati, membuat bekas luka hampir tak terlihat.

21. Teh Camomile

Cuci bekas luka dengan teh camomile. Ini akan membantu memudarkan bekas luka.

22. Minyak Hati Ikan Cod

Oleskan minyak ini pada bekas luka.

23. Daun Mimba

Tumbuk daun mimba dan oleskan pada bekas luka. Selain bekas luka, daun ini juga bisa menghilangkan jerawat, dan masalah kulit lainnya karena mengandung anti-bakteri dan anti-jamur.

24. Fuller's Earth

Campur 1 sendok makan fuller's earth [lumpur yang biasa digunakan untuk masker], 1 sendok makan air mawar, dan 1 sendok makan air lemon. Oleskan campuran tersebut pada bekas luka dan gosok dengan lembut. Biarkan selama 15 menit sampai kering dan bilas.

25. Minyak Bawang Putih

Ambil beberapa tetes minyak bawang putih di jari Anda dan oleskan pada bekas luka. Biarkan selama 15 menit. Bawang putih mengandung sifat antibiotik dan obat alami untuk bekas luka.

26. Daun Pegagan

Tumbuk daun Pegagan dan oleskan pada bekas luka. Ini tidak hanya akan mengurangi bekas luka, tetapi juga mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, akan meningkatkan sirkulasi darah.

27. Asam Salisilat

Asam salisilat tersedia dalam berbagai bentuk, seperti krim dan lotion. Ini adalah obat yang baik untuk bekas luka yang parah.

[][teks @pohanpow/homeremedyshop.com | foto hdwpics.com, teamlivegrit.com]