Teh Basi? Manfaatkan, Jangan Dibuang!
Beauty

Teh Basi? Manfaatkan, Jangan Dibuang!

by Sherra
Tue, 15-Sep-2015

Nah, biasanya memang makanan atau minuman basi langsung dibuang. Tapi lain halnya dengan teh basi, kamu bisa memperoleh manfaatnya lho.

Teh basi maksudnya adalah teh yang dibiarkan dari sore dan digunakan untuk keesokan harinya dengan catatan tidak ada campuran bahan apapun seperti gula, madu, lemon atau yang lainnya. Kalau nggak mau pakai teh dari sisa konsumsi, kamu bisa pakai air teh yang sengaja diendapkan.

Ingat, teh basi yang digunakan adalah teh basi dari jenis teh hitam atau teh hijau yang didiamkan semalaman dan bersih dari kandungan lain. Akan lebih baik kalau pakai teh basi yang ada di dalam teko dan tertutup sehingga terlindung dari bakteri-bakteri ketika didiamkan semalaman.

Berikut ini beberapa manfaat teh basi.

Mengatasi rambut rontok

Rambut kering, kerontokan, dan rambut kusam seringkali menjadi masalah. Coba manfaatkan teh basi. Caranya cukup mudah, bilas rambut dengan teh basi saat mandi atau gunakan ampas teh seperti menggunakan masker rambut. Untuk memperoleh hasil yang bagus, lebih baik paka air teh basi yang berasal dari teh hijau. Air teh hijau berkhasiat  mengurangi produksi DHT [Dihidrotestosteron] yang merupakan penyebab utama terjadinya rambut rontok. Sebuah penelitian menyatakan bahwa senyawa EGGG pada teh hijau meningkatkan aktivitas Dermal Papillae yang merupakan bagian rambut yang penting agar nggak mudah rontok.

Menghilangkan ketombe

Teh basi  juga berguna untuk menghilangkan ketombe. Caranya dengan membasuh kepala dengan teh basi sambil memijat kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit. Setelah meresap, keramas seperti biasa, dan lakukanlah setiap hari.

Mencerahkan kulit wajah

Meskipun teh telah basi, fungsinya untuk mencerahkan kulit wajah dan menjaga elastisitasnya belum hilang. Usapkanlah ampas teh yang sudah didiamkan semalaman ke wajah dan lakukan scrubbing. Ampas teh tersebut berfungsi menghilangkan jerawat dan komedo, membuat kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya, dan mengencangkan kulit wajah serta mencegah penuaan kulit. Lakukanlah setiap hari agar hasilnya maksimal.

Menghilangkan jerawat

Jerawatan? nyebelin banget dan pastinya bikin nggak pede. Nah, manfaatkan aja teh basi. Caranya dengan menempelkan kantung teh celup yang telah direndam semalaman di atas jerawat. Diamkan kurang lebih selama sepuluh menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Agar hasil yang didapat optimal, lakukanlah cara ini tiga kali seminggu. Kamu juga bisa mengoleskan atau membasuh muka pada pagi hari dengan endapan teh. Lebih baik kamu pakai teh hijau karena mempunyai sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu  menghilangkan jerawat secara alami tanpa memikirkan efek samping.

Membersihkan dan menyejukkan wajah

Kamu bisa pakai teh basi sebagai toner atau pembersih wajah. Teh hijau basi bersifat anti bakteri sehingga bisa mengusir bakteri yang ada di kulit. Basuhlah wajah setiap pagi atau menjelang tidur.

Sebagai tabir surya

Jadi, cuma dengan membasuh air teh basi ke wajah dan beberapa bagian tubuh, air teh bisa melindunginya dari paparan sinar ultra violet. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan dan berurusan dengan teriknya matahari.

Menyehatkan mata

Caranya sangat mudah, celupkan wajah anda ke dalam air teh basi dengan mata terbuka. setelah beberapa lama, mata panda tersebut akan hilang dan membuat mata melihat menjadi lebih jelas.

Menghilangkan mata panda

Tanpa disadari kebiasaan buruk seperti menatap monitor, begadang, dan mata lelah mengakibatkan lingkaran mata atau mata panda. Tenang, teh basi juga sangat berguna untuk menghilangkan mata panda. Caranya dengan mengompres mata minimal 15 menit dengan kantung teh celup yang telah basi. Kamu juga bisa masukan kantung teh ke dalam kain dengan menambahkan beberapa potong es batu. Letakkan di atas mata dan diamkan selama beberapa menit.

Jadi, jangan terburu-buru untuk membuang teh yang telah digunakan ya.. Karena banyak manfaat yang bisa kamu dapat untuk kecantikan.

[][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]