Mengenal Table Manner
Budaya

Mengenal Table Manner

by Dedi
Mon, 28-Sep-2015

Table manner adalah etika dalam perjamuan makan. Yuk mari kita belajar sedikit agar tidak malu-maluin jika kita harus menghadiri undangan makan dari seseorang.

1. Posisi Duduk

Tuan Rumah mungkin sudah mempersiapkan posisi duduk para tamunya. Jadi tunggulah Tuan Rumah mempersilakan Anda duduk di kursi tertentu.

2. Serbet

Untuk perjamuan informal, letakkan serbet di pangkuan Anda setelah duduk. Pada perjamuan formal, tunggulah sampai seseorang akan meletakannya di pangkuan Anda.

3. Penyajian Makanan

Makanan disajikan ke peserta perjamuan oleh pelayan pada perjamuan formal. Tapi untuk perjamuan informal, kadang Tuan Rumah yang akan menyajikannya.

4. Mengunakan Peralatan Makan

Gunakan alat makan yang terletak dari sisi paling luar dan berlanjut ke dalam untuk jenis makanan berikutnya. Pegang garpu dengan tangan kiri, sendok dengan tangan kanan.

5. Mengambil Lauk

Ambillah lauk secukupnya dan serahkan piring lauk ke orang di sebelah kanan Anda setelah Anda untuk dibagikan ke peserta perjamuan lainnya.

6. Menaruh Peralatan Makan

Taruhlah peralatan makan di piring membentuk V terbalik jika Anda ingin minum atau berbicara dengan peserta perjamuan lainnya.

7. Selesai Makan

Pelayan akan mengambil piring kosong Anda setelah makan selesai. Pada perjamuan informal, Tuan Rumah yang akan mengambilnya.

8. Meninggalkan Meja Perjamuan

Tuan rumah akan memberi tanda dengan menaruh serbet di meja dan mengajak tamu ke ruang lain untuk minum kopi atau minuman after-dinner lainnya. Tunggulah sampai Tuan Rumah berdiri. [][teks @dd_sarwono/etiquettescholar.com | foto dynamicwomenfaith.com]