'Jawara!' Bukan Silat Biasa
Budaya

'Jawara!' Bukan Silat Biasa

by Pohan
Fri, 16-Oct-2015

Jawara!: Langgam Hari dari Marunda akan digelar di Gedung Kesenian Jakarta [GKJ] pada 24 & 25 Oktober 2015. Sandiwara Betawi kali ini mengangkat tema silat.

“Setiap produksi kita mencoba mengangkat hal yang baru dalam seni budaya Betawi. Orang Betawi itu selalu konotasinya tuh anggap jago silat, pandai mengaji, gitu kan? Ngasosi yah, ngaji-solat-silat gitu. Jadi kami pengin ngangkat silat Betawinya, filosofinya, dan jurus-jurusnya lagi supaya diterapkan," jelas Maudy Koesnaedi, pendiri Teater Abang None.

Selain mengobati kerinduan penonton, Teater Abang None mempersembahkan Jawara! untuk pendekar silat Betawi, Babe Uci.

“Ini juga adalah salah satu usaha saya membalas budi baiknya Babe Uci. Waktu itu Babe Uci manggil saya dan diperkenalkan sama guru-guru silat lainnya,” ujar Maudy lagi.

Babe Uci bilang ke Maudy, "Neng, bikinin Babe dong, cerita silat. Mumpung Babe masih ada..” Gayung bersambut, beberapa anak-anak Abang None mengiyakan terutama Abangnya yang menginginkan pertunjukan silat.

Teater Abang None bukan pertama kalinya main silat-silatan. Sebelumnya, silat pernah diselipkan pada pertunjukan namun bukan diambil tema besarnya. Jawara! dianggap tantangan yang berat, fisik maupun materi.

"Mereka yang bergabung di Abnon bukan pesilat, bukan pula pemain teater profesional. Mereka punya kesibukan masing-masing, dari mulai kuliah, dokter, kerja, sibuk dengan rumah tangga juga karena sebagian sudah menikah,” ungkap Maudy.

Para pemain Teater Abang None tidak dibayar secara materi. Yang mereka kerjakan murni sebagai bukti kecintaan terhadap budaya Betawi dengan modal berani eksplorasi yang mereka punya. Harapan Maudy Teater Abang None ini bisa memperkaya jiwa, ilmu, dan pengalaman orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Harga tiket pertunjukan Jawara!:

Kelas 1 Rp. 275 ribu
Kelas 2 Rp. 175 ribu
VIP Rp. 375 ribu

Tiket bisa di beli melalui di gerai  7-Eleven yang mempunyai Kios Digital Sevelin. Informasi lengkapnya cek Twitter @TeaterAbnon atau klik di sini. [][teks @pohanpow | foto jawara.teaterabnon.com]