Gunung Padang Peradaban yang Hilang?
Budaya

Gunung Padang Peradaban yang Hilang?

by Pandu
Tue, 12-Jan-2016

Masih banyak misteri yang belum terpecahkan di abad ke-21 ini meski manusia telah mengklaim bahwa ini zaman modern. Hingga kini belum diketahui penyebab medan magnet yang melingkupi Segitiga Bermuda. Belum diketahui juga dalang G-30S. Termasuk juga yang belakangan ini menjadi buah bibir, yakni misteri Gunung Padang –yang diduga sebagai piramida tertua.

Tapi tim peneliti yang dibentuk oleh Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana belum berani menyebut Gunung Padang sebagai piramida. Klaimnya terlalu prematur karena penelitiannya belum selesai.

Dunia mendadak heboh ketika ada sebuah situs yang lebih tua daripada Piramida Gaza dan bahkan jauh lebih besar dari Candi Borobudur. Beberapa konspirator langsung berkoar bahwa Indonesia adalah Atlantis yang hilang, merujuk pada Gunung Padang sebagai bukti kebudayaan tinggi.

Hmm.. tunggu dulu selama itu belum terbukti secara ilmiah. Penduduk sekitar Kabupaten Cianjur sejak dulu memang mengeramatkan Gunung Padang. Tapi bukan karena sebagai kuil Atlantis. Mereka lebih percaya bahwa legenda Gunung Padang adalah tempat berdirinya istana Prabu Siliwangi yang dibangun dalam semalam. Jadi, tak heran, dulu, banyak orang dari berbagai daerah bertapa atau semedi di lokasi ini.

Tapi sejak diresmikan sebagai situs penelitian, Maret 2011, aktivitas semedi dihentikan. Tim peneliti dari Indonesia bekerja sama dengan tim peneliti internasional berusaha menguak rahasia Gunung Padang. Hasilnya mencengangkan! Setelah mereka meneliti usia material batuan, gunung ini diperkirakan sudah dibangun sejak Zaman Es, sekitar 28.000 tahun lalu. 

Para Peneliti bahkan sampai terperangah karena tiap batuan punya umur yang berbeda. Misalnya lapisan kerikil di kedalaman 3-4 meter berusia 4.700 tahun SM. Sedangkan di kedalaman 8-10 M berusia 11.600 tahun SM. Selain itu, situs gunung purba telah dibangun menggunakan semen purba, hasil campuran dari 45 % biji besi, 41 % silika dan 14 % tanah liat. Karena itulah struktur bangunannya amat kokoh.

Pemikiran tentang manusia zaman Es tidaklah sepintar Era Holosen, yang akhirnya 'runtuh' berkat penemuan Situs Gunung Padang. Para Peneliti percaya bahwa punden berundak ini dibangun secara bertahap dari masa ke masa. Situs ini bisa jadi kunci akan peradaban tinggi yang hilang dari para leluluhur. Sebuah peninggalan yang fakta-faktanya masih tercecer selayak puzzle. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto Wikipedia/jejakku.com]