Mengenal Orang Eskimo
Budaya

Mengenal Orang Eskimo

by Sherra
Wed, 11-May-2016

Eskimo adalah orang yang menghuni kawasan Kutub Utara, seperti di pantai Utara, Alaska [Amerika], Kepulauan Arktik, Greenland, dan area bersuhu ekstrem di Siberia Timur.

Mereka adalah populasi manusia yang hidup dalam kondisi dingin ekstrem dengan suhu -45 derajat celcius. Berikut fakta menarik orang Eskimo.

1. Orang Eskimo lebih suka disebut Inuk atau Inuit. Meskipun nama Eskimo umumnya digunakan di Alaska yang merujuk pada semua Inuit di dunia, nama ini dianggap menghina di banyak tempat lain karena diberikan oleh orang-orang non-Inuit yang berarti "pemakan daging mentah."

2. Sering dengar istilah Eskimo kiss? Ciuman orang Eskimo sebenarnya disebut dengan "Kunik". Ini seperti sapaan intim yang biasanya dilakukan antara pasangan atau orangtua dan anak-anaknya. Mungkin terlihat seperti menggosokkan hidung, tapi kenyataannya mereka mengendus rambut dan pipi masing-masing [ada kelenjar bau di pipi manusia]. Dengan cara ini, dua orang yang belum pernah bertemu sebelumnya dapa mengingatkan diri mereka sendiri tentang aroma orang lain.

3. Orang Eskimo kuno membuat 'baju baja' sebagai perlindungan saat menghadapi binatang buas. Tapi baju baja mereka bukan seperti yang dipakai ksatria pada umumnya. Mereka membuatnya dari kulit mentah dan tulang pelat pengunci yang biasanya terbuat dari gigi walrus. 'Baju baja' tersebut memungkinkan orang-orang Inuit bisa bertahan hidup.

4. Mungkin yang kita tahu igloo adalah pondok yang dibangun dari salju dan es. Namun igloo memiliki arti lain, yaitu bangunan tempat orang tinggal. Oleh karena itu, entah kita tinggal di sebuah rumah Eropa, maupun apartemen, berarti kita berada dalam igloo.

5. Bagaimanapun juga, igloo hanya rumah sementara orang Eskimo saat perjalanan berburu. Tempat tinggal mereka yang permanen berbentuk seperti igloo namun terbuat dari kayu, tulang ikan paus, dan kulit anjing laut, yang dipakai sebagai atap agar bisa memberikan kehangatan.

6.  Makanan orang Eskimo biasanya jenis daging hewan salju atau hewan laut, seperti walrus, rusa kutub, anjing laut, dan beruang kutub.

7. Walaupun makan daging berlebihan dianggap tidak sehat, anehnya, orang Eskimo tetap menjadi salah satu kelompok orang sehat di dunia!

8. Eskimo adalah orang-orang yang ketat mengikuti dan menghormati budaya dan tradisi. Mereka sangat menghormati pemimpinnya dan perempuan. Mereka bekerjasama untuk bertahan hidup dalam kondisi cuaca beku. Pria bertanggungjawab mencari makanan dan tempat tinggal, sementara wanita bekerja untuk membuat pakaian dan memasak makanan.

9. Eskimo memakai busana yang terbuat dari kulit binatang untuk menghalau iklim yang dingin. Mereka memakai sepatu tahan air yang terbuat dari kulit anjing laut. Pakaian bulu yang menjadi mantel panjang berbahan kulit beruang kutub, rubah, atau karibu. Usus anjing luat digunakan untuk membuat jaket waterproof.

10. Sama seperti kangguru, ibu Eskimo membawa bayinya dalam kantong di mantelnya.

11. Orang Eskimo menggunakan kereta luncur yang terbuat dari tulang rahang ikan paus, tanduk rusa, tulang anjing laut dan potongan-potongan kayu. Kereta tersebut ditarik oleh anjing.

12. Setiap kebudayaan memiliki monster mitos. Walaupun Orang Eskimo mampu menghabiskan waktu di hamparan es yang berbahaya, berburu singa laut besar dan beruang kutub,  ada satu makhluk yang mereka takuti, yaitu Qallupilluk [atau Qalupalik] yang berarti "monster". Menurut legenda, qallupilluk adalah makhluk yang yang menunggu di bawah air untuk menyeret orang lengah di kedalaman es laut.

13. Senjata Inuit tradisional sebagian besar terbuat dari bahan kayu, batu, dan bangkai binatang. Tulang adalah bahan utama dalam membuat persenjataan mereka, seperti pisau dan tombak. [][teks @saesherra/oceanwide-expeditions.com, kidsworldfun.com | foto listverse.com, granary.com]