Ragam Kesenian Betawi
Budaya

Ragam Kesenian Betawi

by Hagi
Wed, 22-Apr-2015

Pepatah itu senantiasa mengingatkan kita untuk selalu menghargai adat istiadat di manapun kita berada. Tak peduli, dari suku mana kita berasal.

Yeah, Betawi adalah tempat kita semua berdiri dan mencari penghidupan. Wilayahnya membentang seluas Jabodetabek. Berikut ini adalah daftar ragam kesenian Betawi yang mungkin pernah dikenal, dan akan makin punah jika kita tak menjaga kelestariannya.


1. Gambang Kromong adalah sejenis orkes yang menggabungkan gamelan dengan alat musik Tionghoa. Salah satu lagu yang terkenal adalah “Sirih Kuning”.

2. Lenong Betawi merupakan teater tradisional berupa sandiwara rakyat yang dibawakan dengan logat Betawi kental, biasanya diselipi unsur humor.

3. Tari Topeng menggabungkan unsur tari, musik, cerita, dan tembang berirama layaknya opera. Terdiri atas Topeng Blantek dan Topeng Jantuk.

4. Silat Betawi kerap dipertunjukkan dalam tradisi Palang Pintu, sebuah prosesi penyambutan mempelai pria dalam upacara pernikahan Betawi.

5. Ondel-Ondel adalah pertunjukan boneka raksasa yang menari mengikuti irama musik dalam pesta-pesta rakyat.

6. Tari Cokek merupakan tari pergaulan yang dilakukan berpasangan. Penari wanita mengalungkan selendang kepada pria yang akan mengiringinya menari.

7. Tari Zapin amat kental unsur budaya Melayu dan Arab. Tarian ini mensyaratkan pergerakkan kaki yang cepat mengikuti rentak pukulan alat musik.

8. Orkes Samrah adalah warisan budaya Melayu yang memadukan langkah, lenggang lenggok, dan gerak-gerak pencak silat.

9. Tanjidor merupakan peninggalan budaya di asrama militer Jepang dan kelompok brass section dari Belanda. Acap dimainkan saat perayaan Cap Go Meh. [][teks @evaevilia/berbagai sumber | foto jakarta.go.id]