Mengenal Korea Selatan
Budaya

Mengenal Korea Selatan

by Sherra
Thu, 21-Jul-2016

Beda dengan negara tetangganya yang sedang diperhatikan dunia, Korea Selatan justru memiliki banyak hal yang mengagumkan. Eits, tapi bukan soal cowok-cowok K-Pop lho. Simak aja..

1. Kimchi bisa disebut menu wajib pendamping makanan. Kimchi jenisnya banyak. Jumlahnya sekitar 250 jenis. Nah, yang paling populer pasti kamu pernah coba, seperti kimchi kubis [paechu kimchi], kimchi timun [oi kimchi], kimchi air [mul kimchi], dan kimchi lobak potong dadu [kkaktugi].


2. Saat berulangtahun, orang Korea merayakannya dengan makan sup rumput laut. Ini mungkin seperti tradisi. Maklum banyak ibu di negara ini makan miyeokguk bergizi sebelum dia melahirkan. Sup rumput laut ini memiliki makna: untuk mengingatkan anak-anak tentang rasa sakit seorang ibu saat melahirkan dan menghargai peran ibu yang merawat anaknya.



3. Bukan cuma orang Jepang, tapi orang Korea juga juga mempercayai golongan darah untuk menilai kepribadian dan kemampuan seseorang. Semua golongan darah memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi golongan darah B biasanya paling nggak diinginkan, seperti yang ditunjukkan dalam film My Boyfriend Is Type-B.

4. Saat lahir, bayi di Korea Selatan sudah dihitung berumur 1 tahun. Kemudian 100 hari setelah kelahirannya, akan ada perayaan besar-besaran. Saat pergantian tahun baru [Lunar New Year] usia mereka pun bertambah menjadi 2 tahun, walaupun belum sampai tanggal kelahirannya.


5. Korea memiliki koneksi internet tercepat di dunia. Wow! Sekitar 92.4% dari populasi penduduknya adalah pengguna internet.

6. Kalau soal penampilan, Korea Selatan memiliki angka operasi plastik tertinggi di dunia. Amerika Serikat menduduki posisi ke empat setelah Brasil dan Thailand.

7. Meskipun penduduk Korea Selatan standar hidupnya sangat tinggi, bunuh diri merupakan masalah serius dan meluas. Menurut WHO, Korea Selatan memiliki tingkat bunuh diri tertinggi kedua di dunia.

8. Walaupun terletak tepat di sebelah Korea Utara, Korea Selatan adalah salah satu negara paling aman dan paling damai di dunia. Tingkat kejahatan di negara ini sangat rendah dan aturan kepemilikan senjata api sangatlah ketat.

9. Taksi di Korea Selatan diberi kode warna sesuai dengan tingkat pelayanan yang ditawarkan. Taksi berwarna abu-abu atau putih adalah mobil standar dengan pengemudi yang berkualitas tetapi kurang berpengalaman, sedangkan taksi hitam adalah mobil mewah dengan pengemudi berpengalaman.


10. Banyak warga Korea Selatan yang menderita tetrafobia [takut angka 4] karena dianggap angka sial dan dikaitkan dengan kematian. Makanya, lantai "4" hampir selalu ditiadakan di rumah sakit dan bangunan umum. Kadang, lift di bangunan lainnya lantai 4 diganti dengan "F" atau "3A".


11. Sama dengan kasus angka 4, warga Korea Selatan juga sangat percaya takhayul untuk tidak menggunakan tinta warna merah. Bagi mereka, merah melambangkan kematian. Kalau kamu menuliskan nama orang dengan warna merah, itu berarti kamu ingin ingin mereka mati atau kamu pikir mereka akan segera mati.

12. Warga Korea Selatan memiliki lantai yang dipanaskan, "ondol" [batu hangat]. Aliran panasnya dilewatkan melalui pipa di bawah lantai. Sistem pemanas ini seperti pada zaman Dinasti Koguryo [37 SM sampai 668 AD], namun kini masih sangat populer. Lebih dari 90% rumah di Korea Selatan masih menggunakannya.