Mokkasin Mbahnya Sepatu Slip On
Budaya

Mokkasin Mbahnya Sepatu Slip On

by Pandu
Fri, 29-Jul-2016

Bahasa fashion-nya, sepatu jenis slip on atau loafers. Tapi jauh sebelum itu, model sepatu slip disebutnya Mokkasin. Mbahnya sepatu modern yang dipakai orang-orang kekinian.

Mokkasin adalah sepatu yang dipakai masyarakat tradisional bagian Amerika Utara dan Kanada. Dalam artian lokal, mokkasin pun berarti sepatu. Terbuat dari kain halus yang dirajut dan kulit hewan. Kelihatannya sih tipis, tapi percayalah, ini hangat.

Rata-rata mokkasin berwarna cokelat dengan motif khas suku yang memakainya. Sepatu ini telah digunakan sejak abad ke-17 oleh orang asli Amerika. Tapi setiap daerah punya sol yang berbeda. Tergantung kondisi geografis suku itu tinggal.

Untuk suku yang tinggal di gurun, sol mokkasin-nya lebih tebal supaya bisa kuat melindungi telapak kaki. Berbeda dengan suku yang tinggal di daerah hutan, sebaliknya pakai sol yang lebih tipis.

Peredaran sepatu ini bahkan telah mencapai Australia dan New Zealand. Tapi di dua negara ini mokkasin sepenuhnya terbuat kulit domba atau keledai.

Seiring perkembangan waktu, mokkasin mulai menginfluensi pembuat sepatu agar lebih kekinian. Maka mokkasin mulai dimodif jadi slip on atau loafers. [][teks @HaabibOnta | foto wikimedia]