Ke Pusat Kebudayaan Asing Yuk!
Budaya

Ke Pusat Kebudayaan Asing Yuk!

by Sherra
Thu, 05-Jan-2017

Udah ada yang pernah ke pusat kebudayaan asing di Jakarta? Yang belum pernah trus pengin mendalami bahasa dan budaya asing boleh lho mampir.

Di Jakarta ada beberapa pusat kebudayaan yang dibuat oleh kedutaan asing di Indonesia untuk memperkenalkan dan memberikan informasi ke masyarakat tentang budaya di negara tersebut. Tentu aja, ada informasi soal beasiswanya juga.

1. Korean Cultural Center

Letaknya di lantai 17 Equity Tower, SCBD Lot 9. Pusat kebudayaan ini  biasanya disebut KCC oleh peserta dan penggemar budaya Korea. Kegiatan yang sering bahkan rutin diadakan oleh KCC, antara lain: kursus bahasa, pemutaran film, festival film, pameran lukisan dan kebudayaan, lomba menyanyi dan tarian K-pop. Sebelum ke sana, ada baiknya kamu intip dulu agenda mereka di website resminya.

2. Institut Francais d’Indonesie

Buat kamu yang pengin cas cis cus lancar dengan bahasa Prancis, kamu bisa ke Institut Francais d'Indonesie [IFI] di Jl. MH Thamrin No. 20. Oh iya, IFI Jakarta juga punya cabang di Jl. Wijaya I No. 48. Di IFI Jakarta, kamu bisa kursus bahasa Prancis, nonton pemutaran film, acara budaya Prancis, pertunjukan musik, tari, dan lainnya. Tapi coba kamu cek dulu ya info lengkapnya di sini.

3. British Council

British Council sudah lama dan sering mengadakan banyak kegiatan seperti bantuan ke sekolah-sekolah dan institusi seni, diskusi, kunjungan seniman Inggris, serta kerjasama sosial atau kenegaraan. Tapi nggak semuanya berbentuk kegiatannya untuk umum. Oh ya, kamu bisa kursus dan tes bahasa Inggris di sana. British Council terletak di lantai 16 Jakarta Stock Exchange, Tower II, Jl. Jend Sudirman. Jangan lupa tengok website-nya. Ada info seputar beasiswa dan aplikasi yang bisa kamu unduh untuk belajar bahasa Inggris.

4. The Japan Foundation Jakarta

Mana nih penggemar kebudayaan Jepang? Pasti udah pernah ke Japan Foundation ya? Kalau belum, cobain deh ke sana. Ada banyak kegiatan yang bisa diikuti lho. JF sering mengadakan kontes pidato, upacara minum teh, cosplay, demonstrasi Ikebana [seni merangkai bunga], demonstrasi kimono, pemutaran film, dan masih banyak kegiatan seru lainnya. Di JF kamu juga bisa ke perpustakaan yang nyaman dan gratis! Japan Foundation ada di gedung Summitmas 1, Jl. Sudirman Kav. 61-62.

5. Goethe Institut

Sama sih seperti pusat kebudayaan yang lain, Goethe Institut menyediakan kursus bahasa Jerman. Ada juga pemutaran film dan pertunjukan kebudayaan di sana. Gedung yang biasa disebut GoetheHaus ini terletak di Jl. Sam Ratulangi 9-15, Jakarta Pusat. Buat kamu yang pengin belajar bahasa Jerman gratis, ada lho beragam aplikasi yang bisa diunduh di hape. Infonya buka website Goethe Institut ya..

6. @america

Nggak usah jauh-jauh ke Amerika buat belajar semua tentang Amerika. Kamu tinggal ke @america aja di lantai 3 Mall Pasific Place. Di sana kamu bisa ikut diskusi, webchats, pertunjukan budaya, debat, lomba, dan pameran. Semua kegiatan di sana gratisss. Tempatnya juga asyik lho. Coba aja jelajahin dulu tempatnya lewat tour 360 derajat di website @america.

7. Erasmus Huis

Pusat kebudayaan Belanda ini sering jadi tempat pemutaran festival film gratis. Udah gitu, fasilitasnya lengkap! Ada perpustakaan, kelas untuk belajar, ruang pertunjukan, ruang pameran, ruang baca mini, dan taman tempat pertunjukan terbuka. Kamu yang pengin les bahasa Belanda, di sini juga bisa.. Erasmus Huis atau EH ada di Jl. H.R. Rasuna Said Kav. S-3, Jakarta Selatan. Info lengkapnya coba cek website-nya di sini yah..

8. Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia

Pengin nonton Masha and The Bear tanpa subtitle atau voice over? Mungkin kamu harus kursus di Pusat Kebudayaan Rusia atau biasa disebut PKR. Selain bahasa, PKR mengadakan kursus masak masakan Rusia dan kursus tarian khas Rusia. Pusat kebudayaan yang terletak di Jl. Diponegoro 12, Jakarta Pusat ini memiliki perpustakaan, ruang kelas, dan ruang pertunjukan. Kabarnya, pengajar di PKR adalah native speaker. 

9. Istituto Italiano Di Cultura

Berminat belajar bahasa Italia? Kamu bisa mengunjungi pusat kebudayaan di JL. HOS Cokroaminoto No. 117, Jakarta Pusat ini. Selain menyediakan kursus bahasa, ada juga pemutaran film gratis. Ah iya, melihat dari websitenya, Istituto Italiano Di Cultura atau disingkat IIC ini sedang mengadakan pameran kesenian dan pameran fotografi gratis lho. 

10. Jawaharlal Nehru Indian Cultural Center

Terletak di Jl. Pandeglang 44, Jakarta Pusat, Jawaharlal Nehru Indian Cultural Center atau disingkat JNICC ini sangat dikenal untuk kelas yoganya lho. Instrukturnya asli didatangkan dari India dan banyak sekali peminatnya. Di sana juga diadakan kelas tarian India dan kelas bahasa India, seperti bahasa Tamil dan bahasa Hindi. Semua infonya kamu bisa lihat di sini ya. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto KCC/Japan Foundation]