Di Amazon Ditemukan Suku Terisolir
Budaya

Di Amazon Ditemukan Suku Terisolir

by Pandu
Thu, 05-Jan-2017

Jauh di pedalaman Sungai Amazon, telah ditemukan suku terisolir yang belum pernah membuat kontak sama sekali dengan dunia luar. Bisa jadi suku yang belum bernama ini masih memakai cara hidup sejak era Neolitikum atau sekitar 20.000 tahun lalu.

Adalah Ricardo Stuckert, fotografer yang berhasil memotret dari udara, suku pedalaman itu. “Saya merasa seperti pelukis abad ini karena bisa memotret mereka,” ungkapnya bangga.

“Mengingat ini adalah abad ke-21 dan masih ada kebudayaan yang masih sama seperti leluhurnya dulu. Itu sangatlah hebat sekali.” Stuckert mengambil potret ini diantara perbatasan Brazil dan Peru. Suku-suku terisolir macam ini masih tersebar di pedalaman Amazon. Sulit mengontak mereka karena gaya hidupnya yang nomaden.

Stuckert pun terbilang beruntung bisa menjepret mereka. Akibat badai yang menghadang, helikopter yang ditumpanginya jadi ganti arah. Suku pedalaman yang tidak pernah melihat helikopter sebelumnya langsung berhamburan untuk menyerang pakai panah dan tombak. “Mereka tampak lebih ingin tahu daripada ketakutan,’ tambahnya.

Diperkirakan suku ini berjumlah sekitar 80-100 orang. Tinggal di sebuah rumah bersama, bernama Maloca. []teks @haabibonta/news.nationalgeographic.com | foto Ricardo Stuckert]