Legenda Shio Serta Perseteruan Kucing dan Tikus
Budaya

Legenda Shio Serta Perseteruan Kucing dan Tikus

by Pandu
Wed, 25-Jan-2017

Shio China hampir persis seperti zodiak astrologi. Kecuali untuk jenis hewan dan klasifikasinya. Jika zodiak pakai bulan, shio gunakan tahun untuk pengategorian. Di shio pun tidak ada hewan air, seperti ikan [Pisces] atau kepiting [Capricorn].

Ditambah, shio itu berbasis cerita rakyat tentang dewa yang perlu 12 hewan penjaga. Bukan deretan rasi bintang yang muncul di malam tertentu. Dari legenda ini juga lahir alasan kucing selalu berseteru dengan tikus.

Ceritanya begini, pada suatu hari di penghujung tahun, Tuhan memberi pengumuman untuk semua hewan untuk datang di pagi hari saat tahun baru. Siapa pun yang datang pertama kali akan dijadikan penjaga pertama. Terbatas cuma untuk 12 saja.

Jelas mendengar pengumuman itu, semua hewan antusias untuk jadi yang pertama. Kecuali kucing yang nggak terlalu peduli. Dia nggak tahu kapan tepatnya hari rekrutmen. Hingga bertanya ke tikus yang licik.

“Hari rekrutmen jatuh di hari kedua tahun baru, karena Tuhan sibuk di hari pertama,” kata Tikus.

Bukan cuma kucing aja yang kena, tapi kerbau juga. Karena tahu dirinya itu lambat, Kerbau mulai jalan sejak pagi buta supaya tiba pertama. Melihat itu, tikus lekas lompat ke punggung kerbau tanpa disadari.

Ketika tiba di gerbang rumah, Kerbau kira ia yang tiba pertama. Lalu plok, tikus melompat dan merangsek masuk rumah Tuhan. Jadilah dia yang paling pertama dan diikuti hewan lain.

Kucing yang baru sadar keesokan harinya. Sangat murka pada tikus dan bersumpah untuk memburunya. Dari sini perseteruan antara kucing dan tikus, Tom juga Jerry berlangsung abadi. [][teks @haabibonta/berbagai sumber | foto semakinra.me]