Cap Go Meh di Singkawang
Budaya

Cap Go Meh di Singkawang

by Sherra
Thu, 26-Jan-2017

Libur Imlek ada rencana jalan-jalan nggak, Commuters? Gimana kalau pergi ke Kota Singkawang, Kalimantan Barat? Yes, setiap tahunnya Cap Go Meh diadakan dengan meriah di sana. Buat yang belum tahu, Cap Go Meh adalah hari ke-15 dan hari terakhir perayaan Tahun Baru Imlek.

Jadi setiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Cina, Kota Singkawang dibanjiri para rombongan pawai, wisatawan domestik dan mancanegara. Perayaan Cap Go Meh terbesar di Indonesia itu biasanya diramaikan dengan pertunjukan barongsai, ular naga, dan pawai lampion. Nah, dan yang paling istimewa adalah pawai debus Tatung.

Konon, ratusan tahun lalu warga di beberapa kampung terkena wabah penyakit. Lalu, masyarakat Tionghoa mengadakan ritual untuk mengusir penyakit dan roh jahat yang terus dilakukan hingga saat ini. Dalam bahasa Hakka, Tatung adalah orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur untuk mengusir roh jahat. Nah, para Tatung yang sakti ini bakal melakukan aksi ekstrem! Kayak menusuk pipi dan perut dengan senjata tajam, menginjak bilah pedang, dan menggores benda tajam ke tubuh. Hiiyy..

gogogadabout.com/Saira

Festival Cap Go Meh di Singkawang ini jadi andalan wisata tiap tahunnya. Makanya, banyak agen wisata yang menawarkan paket perjalanan ke Singkawang untuk menyaksikan festival ini secara langsung. Dilansir dari inspiratifkalbar.com, untuk perayaan Cap Go Meh tahun ini, Pemkot Singkawang mengucurkan dana sebesar Rp 1,2 Milyar lho.

Wah, kalau kamu penasaran gimana meriahnya, langsung aja bertandang ke Singkawang pas Cap Go Meh nanti. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto gogogadabout.com/Saira]