7 Lukisan Gua Paling Terkenal
Budaya

7 Lukisan Gua Paling Terkenal

by Pandu
Sun, 22-Jan-2017

Jauh sebelum masehi ini dimulai, peradaban juga sudah berjalan. Tapi banyak di antaranya yang tidak bisa bertahan dari ‘kiamat kecil’. Paling hanya tersisa serpihan atau puing-puing.

Salah satu tanda yang masih terjaga hingga sekarang dari nenek moyang adalah lukisan gua. Di Indonesia ditemukan di Sulawesi, Maluku, dan Papua. Dan masih banyak lagi tanda yang ditinggalkan oleh nenek moyang di seluruh dunia.

Tapi di antara banyaknya tanda itu, ini tujuh yang terkenal di luar negeri kita:

7. Bebatuan Bhimbetka, India

Ditemukan tahun 1957 oleh Waskandar, gambar ini jadi yang tertua di dunia. Gambar ini dibuat sekitar 30.000 tahun SM. Rata-rata bercerita tentang ritual suci dan perburuan.

6. Cuevas de las Manos, Argentina

Disebut juga “Goa Tangan” karena kebanyakan gambar tangan yang melekat. Yang menarik adalah semuanya tangan kiri. Karena peneliti percaya merea telah kenal teknik semprot 13.000 tahun SM.

5. Kakadu Rock Art, Australia

Kebanyakan gambar bercerita tentang ritual suci, hal mistis,perburuan serta hewan-hewan yang lekat dengan suku Aborigin. Tapi beberapa gambar sudah dicat ulang tahun 1986.

4. Gua Magura, Bulgaria

Coretan di dinding gua menggambarkan kalendar matahari yang kita kenal sekarang. Ada 366 hari dengan lima festival musiman. Padahal peneliti percaya situs ini sudah ada sejak Jaman Neolitikum.

3. Gua Chauvet, Prancis

Gambar yang paling bagus di antara yang lain. Jelas dan gampang ditebak. Lebih dari itu mereka memadukannya dengan teknik pahat. Hmm, berarti jiwa seni orang Prancis itu sudah sejak nenek moyang ya?

2. Gua Altamira, Spanyol

Karena tidak terpengaruh iklim cuaca di luar, gambar di gua ini masih terawat baik. Dan di antara gambar hewan dan cara hidup nenek moyang, ada juga simbol misterius yang belum terbongkar maksudnya.

1. Komplek Lascaux, Prancis

Berisi lebih dari 2000 gambar. Gua ini jadi lebih mirip sebagai galeri prasejarah. Rata-rata lukisan hewan, manusia, dan simbol misterius. Tapi yang paling terkenal adalah gambar banteng selebar 5 meter. [][teks @haabibonta/berbagai sumber | foto wikimedia.org]