Perayaan Waisak di Candi Borobudur
Budaya

Perayaan Waisak di Candi Borobudur

by Intern
Thu, 11-May-2017

Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, adalah salah satu tempat perayaan Waisak umat Buddha di Asia. Sebagai perayaan yang agung, setiap tahunnya, Candi Borobudur dipadati pengunjung yang ingin menyaksikan perhelatan acara tersebut. Tahun ini, acara yang digelar di Candi Borobudur jatuh pada 11 Mei 2017. Ada apa di baliknya?

Mengingat acara ini digelar di candi terbesar di Asia Tenggara, tidak hanya kalangan domestik saja, melainkan pemuka dan umat Buddha dari berbagai negara, terutama Asia, datang mengikuti acara tersebut.

Salah satu agenda yang tak ingin dilewatkan para traveler ataupun para pengunjung, adalah pelepasan lampion. Ya, acara yang menjadi pembuka perayaan tersebut dilakukan pada malam hari, sebelum upacara, dan biasanya dimulai pada jam 22.00 waktu setempat.

Terbangnya ribuan lampion memiliki makna tersendiri, karena setiap lampion berisi harapan dan doa dari yang melepaskannya. Dan karena dibuka untuk umum, keindahan langit gelap yang diwarnai ribuan lampion itu adalah salah satu alasan pengunjung berbondong-bondong menghadiri acara tersebut.

Bukan hanya pelepasan lampion, perayaan utama yang dilakukan pada keesokkan harinya juga disesaki pengunjung. Mereka ingin menyaksikan acara besar itu dari dekat. Tapi tampaknya ini acap kali membuat beberapa masalah.

Para pengunjung sepertinya melupakan inti acara tersebut, dengan memasuki candi dan memfoto umat Buddha dan biksu-biksu dari dekat. Kejadian yang terulang beberapa tahun ini sangat disayangkan, karena dianggap tidak menghormati umat yang sedang berdoa. [][teks @alya_adara/berbagai sumber | foto hipwee.com, phinemo.com]