Perayaan Waisak di New York
Budaya

Perayaan Waisak di New York

by Intern 2
Thu, 11-May-2017

Apakah ada peringatan Waisak di New York? Akankah komunitas Buddha di New York merayakan dan mengadakan prosesi pemandian Buddha Rupang untuk memperingati hari lahirnya Buddha? Tentu saja! Malahan, perayaan Waisak di New York diadakan di dua tempat: di Konsulat Jenderal Republik Indonesia [KJRI] juga di Taman Columbus.

Bedanya, di KJRI, hanya komunitas Buddha Indonesia saja yang merayakan Waisak. Tetapi, di Taman Columbus, semua komunitas Buddha dapat merayakan Waisak dan ikut prosesi pemandian Buddha Rupang. Bahkan, penduduk New York yang bukan komunitas Buddha pun ada yang ikut perayaan Waisak. Mereka sangat antusias mengkuti prosesi acara tersebut karena perayaan ini sangat unik.

Di Taman Columbus, perayaan Waisak akan dimulai pada pukul 7.30 malam waktu setempat, bersamaan dengan perayaan yang digelar di Tzu Chi di Hualien. Perayaan ini akan dihadiri sekitar 820 orang. Ramai juga, ya!

Prosesi dan perayaan di tempat ini sangat menarik perhatian orang dari berbagai ras, dan penutur bahasa yang berbeda juga. Karena keunikan perayaan ini, dan tidak semua orang mengetahui akan perayaan dan prosesi ini. Orang-orang yang datang dan bukan merupakan komunitas Buddha juga dapat menikuti prosesi dan perayaan ini di Taman Columbus. Jika Commuters sedang melawat ke New York bertepatan dengan Waisak, boleh juga mampir dan ikut menyaksikan lho. [][teks @syafirananda/berbagai sumber | foto pixabay.com]