Wanita-Wanita Cantik di 10 Negara
Budaya

Wanita-Wanita Cantik di 10 Negara

by Pandu
Fri, 02-Jun-2017

Cantik itu tergantung perspektif masing-masing. Cantik ala era modern itu wanita yang pintar berdandan, berkulit putih dan berbodi bak gitar. Akibat deraan iklan produk kecantikan dan pencitraan media.

Tapi tidak melulu begitu. Sebab beberapa masyarakat punya perspektif lain. Menyangkut tradisi, mitos dan sejarah lampau. Cantik bagi mereka sakral dan tidak terikat waktu. 

1. Gingsul, Jepang

Mereka menyebutnya Yaeba. Mungkin akibat pernah dijajah Jepang kita juga jadi berpikiran sama. Bahwa gadis bergingsul itu manis senyumnya.

2. Skarifikasi, Afrika Barat

Semacam luka-luka yang sengaja dibentuk di atas tubuh seperti tattoo. Modifikasi tubuh ini dilakukan untuk mempercantik diri.

3. Muka bentuk oval, Korea Selatan

Hal yang lumrah jika billboard terisi iklan operasi plastik di Korea Selatan. Mengubah wajah jadi oval adalah idaman setiap wanita biarpun mahal harganya.

4. Gemuk ya gemuk, Mauritania

Untuk memastikan anak wanitanya gemuk, seorang ayah bisa memberi makan sampai 6x sehari. Bayangin tuh..

5. Perban hidung, Iran

Ini cuma untuk terkesan habis melakukan operasi hidung saja. Karena harga rombak hidung mahal jadi pakai perban aja deh. Lucu yaa.

6. Kulit pucat, Thailand

Buat orang lokal, bule-bule itu gila karena mau menghitamkan kulit. Makanya jangan heran kalau tiap mini market jual krim pemutih. Mirip di sini yaa.

7. Jidat jenong, Fula

Karena hal ini, banyak wanita Fula mencabuti rambut depannya supaya terkesan jenong. Perilaku ini pernah terjadi juga di Eropa era Medieval.

8. Leher panjang, Myanmar

Semakin panjang leher, maka semakin cantik pula dia. Wanita suku Kayan pakai cincin yang disusun sejak muda untuk memanjangkan leher mereka. Wah.

9. Bibir melingkar, Suku Mursi

Wanita Suku Mursi percaya dengan cakram ini roh jahat tidak akan masuk lewat mulut. Lagi pula makin besar cakramnya, makin besar mahar yang musti dibayar.

10. Satu alis, Tajikistan

Orang lokal percaya, wanita alis sambung akan membawa keberuntungan kelak. Wanita seperti ini pasti jadi incaran banyak pria di sana, Cakep kan? [][teks @haabib_onta | foto huffpost.com]