Salam Lebaran di Seluruh Dunia
Budaya

Salam Lebaran di Seluruh Dunia

by Pandu
Fri, 16-Jun-2017

Umumnya, umat Muslim selalu menyapa dengan kata “Eid Mubarak” saat hari Lebaran tiba. Terutama untuk Muslim di Jazirah Arab, mereka  pasti pakai sapaan yang sama. Kata itu berarti 'Terberkatilah Idul Fitri'. Sering juga disertai dengan kalimat, Taqobalallahu minnaa wa minkum. Berarti 'Semoga Allah menerima [puasa dan amal] dari kami dan [puasa dan amal] dari kalian'.

Menariknya, tidak semua Muslim di dunia juga menggunakan kalimat yang sama. Misal di Indonesia, kita lebih sering mengucapkan kalimat “Selamat Hari Raya Lebaran, "minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin”.

Meski terkesan ada bahasa Arab, toh orang Arab tidak familiar dengannya. Sebab kalimat "minal aidin wal faidzin", mohon maaf lahir dan batin, sejatinya dipopulerkan oleh Ismail Marzuki lewat lagu “Selamat Hari Lebaran”. Minal aidin wal faidzin dikutip dari penyair Andalusia, Shafiyuddin al-Huli. Artinya adalah 'Semoga kita termasuk orang yang kembali suci dan menuai kemenangan'.

Sementara itu, Muslim Nigeria mengucapkan "barka da sallah", yang berarti ‘selamat berdoa di hari raya’,  kepada setiap Muslim yang mereka temui. Afghanistan yang sedekade ini jadi wilayah merah, juga tetap merayakan hari Lebaran.

Orang-orang Afgan menyapa "Eidet Mobarak Roza wa Namazet Qabool Dakhel Hajiha wa Ghaziha”. Berarti ‘Selamat lebaran, semoga doa dan puasa kita diterima Allah dan semoga kita bisa berangkat Haji nanti.”

Sekalipun situasi masih belum kondusif, menyapa dan mendoakan pada hari Lebaran jauh lebih penting ketimbang kekuatiran akan hal lain.

Sedangkan Turki, menyebut Idul Fitri sebagai "Sekerr Bayrami". Seperti kita yang biasa menyebutnya Lebaran di sini. Pada hari itu, orang Turki akan menyapa “bayraminiz kutlu olsun” atau “bayraminiz mübarek olsun”. Keduanya punya arti yang sama, “Semoga Lebaran ini kita semua diberkati”.

Jadi apa pun salam sapanya, balas dengan salam yang baik juga. Selamat Lebaran, semoga kita kembali suci lagi di hari kemenangan ini! [][teks @haabib_onta | foto truthrevolt.org]