}
5 Budaya Negara yang Paling Berpengaruh
Budaya

5 Budaya Negara yang Paling Berpengaruh

by Intern 2
Fri, 13-Jul-2018

Berita Amerika Serikat dan laporan dunia menyatakan peringkat beberapa negara yang secara budaya berpengaruh baru-baru ini. 

Hal ini menunjukkan bahwa sebuah negara berpengaruh global tidak hanya pada kekuatan militer, politik, atau ekonomi, tetapi juga melalui kekuatan dari segi budaya, seperti kuliner, fesyen, serta hiburan.

Berikut 5 negara peringkat teratas versi BBC.co.uk yang budayanya berdampak kuat pada dunia yang lebih luas.

1. Italia


Terkenal dengan merek-merek desainer seperti Valentino, Armani, Versace dan Gucci, Italia mencetak nilai 10 dan sempurna, sehingga menjadikan Italia 'modis' dan 'trendi’.

"Ini klise, tapi orang Italia peduli dengan apa yang terlihat bagus, dan orang Italia lebih berhati-hati daripada kebanyakan terlihat modis," tutur Lucio Buffalmano, pendiri blog ThePowerMoves.com, yang berasal dari Abruzzo, sebelah Timur Roma.

Namun perhatian terhadap detail yang luar biasa ini melampaui mode. "Italia memiliki dampak besar dalam segala hal yang berkaitan dengan gaya, dari makanan hingga furnitur," kata Angela Corrias, berasal dari Sardinia yang kini tinggal di Roma.

Kuliner, negara tentu saja memiliki pengaruh besar terhadap budaya. Untuk merasakan pengaruh kuliner negara Italia dari tangan pertama, Corrias merekomendasikan untuk menuju ke ibukota, yaitu Roma.

“Restoran Porto di daerah Prati, misalnya, menyajikan versi hidangan laut dari cacio e pepe tradisional [pasta yang dibumbui dengan keju pecorino dan lada hitam]. Meskipun kedengarannya aneh, kombinasi keju dan makanan laut, itu benar-benar lezat,” jelas Angela.

2. Prancis

Modern, prestisius, dan modis adalah identik semua wilayah di Prancis.

Je ne sais quoi" [roti Prancis] adalah sesuatu yang wajib dicoba orang-orang di seluruh dunia.  

Meskipun Paris adalah tempat yang jelas untuk merasakan budaya Prancis, mulai dari mode hingga makanan, selain itu kota Bordeaux, Lyon, dan Toulouse juga merupakan alternatif yang sangat baik untuk mengenal dan merasakan budaya Prancis.

Bordeaux adalah kota bergengsi yang memiliki banyak anggur dengan kualitas bagus yang diproduksi di daerah itu. Kota Bordeaux juga memiliki bangunan paling bersejarah, selain dari Paris.

Lyon, kota terbesar ketiga di Prancis, terkenal dengan tradisi  kulinernya dan telah menghasilkan sejumlah koki Michelin bintang tiga.  

Toulouse, ibukota wilayah Occitanie di Selatan Prancis, sejarahnya yang berusia 2.000 tahun lebih yang membentang kembali ke Visigoth dan Romawi menjadi Toulouse menjadi kota yang membanggakan di Prancis.

Arsitektur teras kota merah muda yang menghiasi kota ini, menjadikan Toulouse mendapat julukan "La Ville Rose".

Orang Prancis sangat bangga dengan identitas mereka yang telah membentuk dunia, termasuk Bahasa Prancis, yang dapat menjadi tantangan bagi ekspatriat baru.  

3. Amerika Serikat [AS]

Mencetak skor tertinggi tentang hal modern dan berpengaruh dalam hiburan, yakni film, musik, dan program TV AS yang dinikmati secara global.

Bahkan ketika negara lain melakukan sesuatu terlebih dahulu, seperti genre reality TV yang dimulai di Inggris, AS justru lebih dikenal karena membuatnya lebih besar dan lebih populer di seluruh dunia.

Negara industri teknologi, tempat bernaung Facebook, Twitter, Google, dan Amazon, juga meninggalkan jejaknya, dengan miliaran orang berinteraksi setiap  hari dengan layanan populer dan jejaring sosial ini. 

Identitas Amerika yang berpengaruh ini berakar kuat pada kekuatan kemungkinan dan bermimpi di luar awal yang sederhana.

Di pantai yang berlawanan, Hollywood di Los Angeles menghasilkan hiburan yang membentuk budaya di AS dan sekitarnya.

Acara TV dan film Amerika yang dibuat memengaruhi cara seseorang berbicara dan berbusana.

4. Spanyol

Setelah salah satu penakluk dan kekaisaran terbesar di dunia, Spanyol telah  meninggalkan tanda abadi di geografi dari Amerika Selatan ke Hindia Timur. 

Setelah Bahasa Cina, Bahasa Spanyol adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia ketika diukur oleh penutur asli, dan kekuatan film, TV, dan musik berbahasa Spanyol-nya membantu mendorong negara ini ke puncak. 

Budaya tapas Spanyol [camilan khas Spanyol] adalah budaya yang telah menyebar secara  internasional, tetapi terus menghubungkan orang-orang secara lokal. 

"Makanan di sini adalah cara hidup," kata Andre Arriaza, yang tinggal di  Barcelona dan pendiri Barcelona Eat Local Culinary Experiences. 

"Makan adalah berbagi, baik dengan sekelompok teman, atau dengan semua  orang asing yang ada di sekitar Anda, yang selalu terlibat dalam obrolan," lanjutnya. 

Mengetahui bahasa Spanyol juga membuat hidup lebih mudah bagi  ekspatriat, tetapi itu bukan penghalang besar.  

Mayoritas kota di Spanyol memiliki banyak sekolah atau kursus Bahasa Spanyol dan penduduk biasanya akan mencoba dan membantu.

5. Inggris

Berperingkat tertinggi untuk label 'bergengsi', penduduk Inggris bangga  dengan kemampuan mereka untuk menggabungkan etos kerja yang kuat, kreativitas dan keterbukaan untuk berubah untuk menghasilkan inovasi baru.

Inggris memiliki beberapa universitas terbaik di dunia serta bakat kewirausahaan. Pengaruh dan fleksibilitas bahasa Inggris telah memungkinkan Britania berkembang sebagai tempat di mana orang-orang datang untuk menciptakan masa depan yang baru.

Meskipun London merupakan kota yang memiliki kekurangan perumahan terjangkau, tetapi tetap menjadi tujuan utama untuk ekspatriat yang bekerja.  

Kelimpahan museum, tempat konser dan tempat teater di London pun menyediakan lingkungan yang tepat untuk menjaga penghuni di ujung tombak budaya Inggris. 

Namun ujung tombak budaya Inggris tidak berakhir di ibukota. Edinburgh melampaui bobotnya dalam hal pengaruh budaya, salah satunya menyelenggarakan Fringe Festival [festival seni terbesar di dunia] serta menjadi 'tempat kelahiran' Harry Potter. 

Birmingham di jantung negara adalah pesaing lain. Dari clubbing hingga orkestra, Birmingham memiliki budaya yang fantastis. Kota ini terkenal memiliki kanal yang lebih dari Venesia,Italia dan kuartal perhiasan adalah tempat mode canggih yang memenuhi keterampilan tradisional. [][teks @yolabonnita/bbc.co.uk | foto bbc.co.uk, muvilia.com]