Rumah Adat Indonesia [bagian 1]
Budaya

Rumah Adat Indonesia [bagian 1]

by Hagi
Tue, 16-Jun-2015

Negara kita terdiri dari banyak suku bangsa. Setiap daerah menjunjung tinggi kebudayaan yang mereka miliki. Rumah adat adalah contohnya.

Karena wajib melestarikan budaya, yuk kita kenali nama-nama dan bentuk rumah adat dari seluruh Indonesia.

1. Rumah Adat Krong Bade [Nanggro Aceh Darussalam] - memanjang dari Timur ke Barat, rumah panggung dari kayu ini memiliki tangga berjumlah ganjil.

2. Rumah Adat Bolon [Sumatera Utara] - berlantai papan dan beratap rumbia, rumah tanpa paku ini punya ruang besar yang dibagi menjadi tiga.

3. Rumah Adat Gadang [Sumatera Barat] - paling mudah dikenali berkat bentuk atap mirip tanduk kerbau. Jadi tempat untuk keluarga besar.

4. Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar [Riau dan Kepulauan Riau] - rumah besar yang selalu menghadap ke Timur ini digunakan untuk beragam fungsi.

5. Rumah Adat Kajang Lako [Jambi] - juga disebut Rumah Panggung yang terbuat dari kayu. Biasanya terbagi menjadi 8 ruangan dengan fungsi berbeda.

6. Rumah Adat Limas [Sumatera Selatan] - disebut begitu karena atapnya berbentuk limas. Memiliki lantai bertingkat-tingkat yang disebut Bengkilas.

7. Rumah Adat Melayu Bubung Panjang [Bangka Belitung] - mengadopsi arsitektur Melayu, rumah adat Ba-Bel dipengaruho falsafah 9 tiang.

8. Rumah Adat Bubungan Lima [Bengkulu] - rumah panggung dari kayu medang kemuning ini biasa digunakan untuk upacara adat Bengkulu.

9. Rumah Adat Nuwo Sesat [Lampung] - berbentuk panggung dengan bahan dasar kayu, rumah ini berstruktur anti gempa. [][bersambung][teks @evaevilia | foto berbagai sumber]