Tradisi Unik Nyambut Bulan Puasa
Budaya

Tradisi Unik Nyambut Bulan Puasa

by Yogira
Tue, 23-Jun-2015

Setiap menyambut bulan suci Ramadan, umat Muslim di Indonesia ternyata punya berbagai tradisi unik. Berikut ini beberapa di antaranya:  


1. Nyadran

Inilah tradisi ziarah kubur menyambut Ramadan. Biasanya di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Tiap orang berkunjung ke makam keluarga untuk berziarah mendoakan kerabat atau keluarga yang sudah meninggal.


2. Nyorog

Tradisi ini ada di masyarakat Betawi. Mereka mengantarkan bingkisan berupa makanan yang sudah jadi maupun yang masih mentah untuk orang-orang terdekat.


3. Munggahan

Dalam menyambut Ramadan, semua berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk saling bermaaf-maafan sambil menikmati makanan khas Ramadan. Tradisi ini biasa dilakukan masyarakat Sunda. 

 

4. Jalur Pacu

Di Riau, terutama di Kabupaten Kuantan Singingi, masyarakatnya memiliki tradisi unik untuk menyambut Ramadan. Mereka mengadakan lomba mendayung yang dikenal dengan sebagai “Jalur Pacu”.


5. Apeman

Yogyakarta memiliki tradisi unik menyambut Ramadan yang dikenal dengan nama apeman atau ruawahan, dengan cara masak kue apem sebagai simbol permohonan maaf atas dosa yang pernah dilakukan.


6. Meugang

Tradisin ini ditandai dengan penyembelihan hewan ternak di Aceh, dua hari menjelang Ramadan. Setelah hewan disembelih, sebagian daging dibagikan dan sebagian lagi disantap bersama keluarga.


7. Balimau

Artinya berlimau. Ini adalah tradisi unik orang Minang menjelang Ramadan. Masyarakat Minang biasanya mencuci rambut dengan limau, yang bermakna menyucikan diri menyambut Ramadan. [][teks @dd_sarwono/goodnewsfromindonesia.org | foto kebudayaanindonesia.net/ mediacenter.riau.go.id]