Festival Tahunan San Fermin
Budaya

Festival Tahunan San Fermin

by Pandu
Sat, 18-Jul-2015

Salah satu festival tahunan yang menyita perhatian dunia adalah Festival San Fermin di kota Pamplona, Spanyol. Setiap tahun, ada sekitar 1.000.000 orang yang berkumpul untuk memperingati Santo Fermin.

Sebagian dari mereka datang untuk itu. Sebagian lagi datang untuk dikejar enam banteng dan enam lembu jantan. Begitulah tradisi di Pamplona. Konon, Santo Fermin meninggal setelah ditanduk banteng. Maka untuk memperingatinya, dibuatlah festival ini.

Festival San Fermin sudah digelar sejak abad ke-14 dan kian banyak saja peminatnya. Seperti belum jadi traveller mabrur jika belum kena tanduk oleh banteng Pamplona. Tahun ini terhitung  tiga orang ditanduk, 8 orang terluka.

Sejak tahun 1924 hingga tahun ini, 15 orang tewas ditanduk banteng. Meski tau risiko dan bahaya dikejar dan diseruduk banteng, toh peminatnya tak pernah berkurang.

Festival San Fermin diadakan dalam sepekan, setiap 6-14 Juli. Tidak cuma lari bersama banteng yang menjadi pemikat, ada juga perayaan kembang api, tari-tarian, sampai pesta makan.

Jika perayaan lari bersama banteng telah usai, para banteng dan lembu itu disembelih. dagingnya didistribusikan ke seluruh restoran kota. Pada malam pertama San Fermin, semua orang akan keluar untuk pesan hidangan daging banteng. Wow. [][teks @HaabibOnta | foto huffingtonpost.com]