Umur Garpu Mencapai 4.000 Tahun
Budaya

Umur Garpu Mencapai 4.000 Tahun

by Pandu
Thu, 30-Jul-2015

Garpu, benda simpel yang dipakai sebagai alat makan. Kelihatannya sepele, padahal garpu adalah benda yang prasejarah yang masih eksis sampai kini. Bayangkan, garpu telah ada sejak tahun 2400 SM.

Para peneliti menemukannya di situs purba Zaman Perunggu Kebudayaan Qijia. Juga di makam-makam kuno Raja China.

Yang menarik, garpu baru digunakan oleh bangsa Inggris, Prancis, dan Swedia di awal abad ke-17. Sebelum itu mereka lebih suka pakai tangan. Alasan lainnya ialah, garpu biasa dipakai bangsa Italia, yang menjadi musuh mereka ketika itu.

Beda lagi dengan Jerman, garpu adalah bagian penting di meja makan sejak dulu. Bagi masyarakat di sana, makan pakai tangan adalah hal yang kasar dan tak sopan.

Ketika Bangsa Eropa mulai pakai garpu, kasta besi berjari tiga ini pun naik. garpu mulai dipakai sebagai perhiasaan di meja makan. Untuk mengukur seberapa kaya rayanya sebuah keluarga. Kaum borjuis di Eropa tidak ingin pakai garpu besi biasa untuk menusuk daging steak-nya. Mereka tambahkan batu permata, mutiara, dan emas. Supaya bisa diakui sebagai bangsawan. Hal ini pun terjadi sampai sekarang.

Seiring berkembangnya jaman, garpu dibuat beberapa jenis sesuai keperluan. Misalnya garpu untuk salad, garpu untuk seafood, bahkan garpu khusus roti pun ada. [][teks @HaabibOnta | foto wikipedia]