Buster Keaton Si Muka Batu
Celeb

Buster Keaton Si Muka Batu

by Pandu
Tue, 12-May-2015

Di tanah air, nama Buster Keaton mungkin nggak sengetop Charlie Chaplin atau Three Stooges. Tapi pria berwajah flat ini tak kalah hebat mengocok perut penontonnya.

Buster Keaton punya corak lawakan berbeda. Ia mengadopsi adegan kartun ke dunia nyata. Jika harus bergulingan di tanah, melompati jembatan, atau jatuh di tangga, dia bisa melakukannya sendiri, tanpa bantuan stunt-man. 

Film komedi ala Buster penuh aksi. Beda dengan film komedi biasa, yang menaruh fokus pada ide cerita dan dialog.

Ketika Buster memulai karier tahun 1917, industri film hanya bisa memproduksi film bisu. Maka, Buster berusaha menciptakan ciri khasnya dengan fokus pada gaya akrobatik. Nggak heran lawakan Buster Keaton diadopsi Jackie Chan pada film laganya.

Yang menarik, Buster Keaton tak pernah tertawa pada setiap filmnya. Karenanya, ia mendapat julukan “The Great Stone Face”. Pria asal Kansas, Amerika ini mengaku tidak tahu alasan mengapa ia tidak pernah tertawa saat berakting. Selalu saja berwajah datar.

“Saya rasa itu adalah cara kerjaku. Saya baru bisa tertawa setelah selesai berakting. Jika melihat penonton mentertawai hasil kerjaku, saya baru akan tertawa lepas,” ungkap Buster.

The Best of Buster Keaton
Buster sudah melakoni 117 judul film.  Sekitar tahun 1920, ia mencapai masa emasnya. Dalam seminggu Buster dibayar, US$3,500. Bahkan ia sampai bisa membangun rumah seharga US$300,000 di kawasan elit Beverly Hills.

Roda hidup berputar. Empat belas tahun kemudian, Buster mengalami kebangkrutan setelah kerja untuk MGM. Film produksinya tidak lagi dilirik karena kreativitas Buster dibungkam. Ia pun terpuruk sebagai alkoholik dan mulai menderita kanker.

Tahun 1966, pria bernama asli Joseph Frank Keaton itu meninggal pada usia 70 tahun ketika sedang tidur. Caranya hengkang dari dunia pun dengan hening serta datar. Sesuatu yang lekat seperti ketika ia hidup. [][teks @HaabibOnta | foto istimewa]