}
Street Dealin Merias Kebayoran Lama
Community

Street Dealin Merias Kebayoran Lama

by Andiska
Thu, 14-Dec-2017

BY YOUR RUN CAMP PROJECT adalah bentuk interaksi seniman mural dan graffiti dengan ruang publik dengan kegiatan menggambar kawasan perkampungan di lingkungan sekitar Gardu House. Salah satu rangkaian acara Street Dealin XI ini bertujuan membangun sarana komunikasi dan edukasi publik untuk warga sekitar. Proyek ini melibatkan banyak seniman dari Indonesia dan mancanegara dengan 35 tembok pemukiman yang berada di 9 RT di Jalan Jatayu daerah Kebayoran Lama.

Sekretariat RW 03 menjadi meeting point media sekaligus tempat bertatap muka langsung dengan Ketua Pelaksana dan Artist BY YOUR RUN CAMP PROJECT [12/12]. Acara ini dibuka dengan sambutan dari Fachruddin, Lurah Petukangan Selatan. Kemudian disusul dengan media tour ke beberapa titik yang menjadi tempat eksekusi para artis untuk menggambar mural dan graffiti.

Beberapa pertanyaan berikut sempat kami tanyakan kepada Bima selaku Ketua Panitia Street Dealin XI sebelum media tour.


Apa perbedaan Street Dealin XI dengan yang sebelumnya?

"Tahun ini, gue dan temen-temen mau coba untuk berinovasi dengan BY YOUR CAMP PROJECT yang sengaja dibuat khusus. Pada pembukaan awal acara, kami membuat  program menggambar pemukiman warga  yang disasar untuk  seniman mural atau graffiti dan masyarakat di Jl. Jatayu Kebayoran Lama. Sangat berbeda dari sebelumnya. Tahun ini para seniman dan masyarakat sekitar juga bisa saling berinteraksi saat kegiatan menggambar.

Apa yang mendasari konsep BY YOUR RUN CAMP PROJECT?

"Ini adalah salah satu wujud pembuktian kami untuk masyarakat di salah satu daerah yang berada dekat basecamp Gardu. Mungkin selama ini mereka ingin "melihat" yang sudah kami lakukan. Maka dengan terbentuknya program BY YOUR RUN CAMP PROJECT dalam Street Dealin XI ini, kami bisa menunjukan dan berbaur dengan masyarakat yang selama ini hidup bertetangga dengan Gardu House. Dasarnya sih, kami ingin lebih dekat dengan masyarakat."

Untuk selanjutnya, apakah ingin terus menganut konsep BY YOUR RUN CAMP PROJECT?

"Iya, kami ingin selalu dekat dengan masyarakat dan tetap menjadi wadah bagi para seniman-seniman. Mungkin ke depannya makin berinovasi dengan keberagaman senimannya atau workshop berkelanjutan dengan warga yang diadakan rutin tiap beberapa bulan sekali."

Keinginan Bima ternyata disambut baik oleh Fachruddin, Lurah Petukangan Selatan. Fachruddin mengatakan bahwa BY YOUR RUN CAMP PROJECT adalah program yang sangat baik dan patut dijadikan kegiatan rutin dan bisa diagendakan untuk pelatihan karang taruna dan ibu-ibu PKK sekitar. Fachruddin juga berharap acara ini bisa bekerjasama dengan pemerintah agar tidak hanya warga Kebayoran Lama  yang merasakan dampak baik dari program BY YOUR RUN CAMP PROJECT yang bertujuan untuk memperindah perkampungan sekaligus interaksi sebuah komunitas kepada masyarakat di sekitarnya. [][teks & foto @andiskaraf]