Menyambut ASEAN Economic Community 2015
Ekonomi

Menyambut ASEAN Economic Community 2015

by Dedi
Thu, 29-Oct-2015

ASEAN Economic Community [AEC] adalah bagian dari 3 pilar ASEAN Community yang dideklarasikan oleh para pemimpin negara ASEAN pada 20 November 2007.

AEC 2015 bertujuan menjadikan ASEAN pasar tunggal dan basis produksi yang memungkinkan terjadi arus barang, jasa, investasi, dan tenaga terampil yang bebas.

Secara sederhana, sebagai konsumen kita akan terpuaskan dengan pilihan barang, jasa, investasi, dan tenaga terampil dari 9 negara ASEAN. Namun, sebagai pelaku usaha, kita akan mendapatkan persaingan berat dari 9 negara ASEAN lainnya juga.

Jadi tantangan barunya adalah untuk meningkatkan kualitas serta harga dari berbagai sektor barang dan jasa agar dapat bersaing dengan negara ASEAN lainnya.

Siapkah kita menghadapinya? Agar Indonesia tidak hanya sebagai pasar konsumsi dari pasar tunggal ini dibutuhkan sistem dan regulasi yang tepat oleh pemerintah agar dapat mendorong para pelaku usaha untuk meningkatkan daya saingnya.

AEC rencananya akan diterapkan pada Desember tahun ini yang hanya dalam hitungan bulan saja. Semoga saja kita akan keluar sebagai pemenangnya. [][teks @dd_sarwono/berbagai sumber | foto immaq.com]