}
Gali Ilmu Pemasaran di The MarkPlus Conference
Ekonomi

Gali Ilmu Pemasaran di The MarkPlus Conference

by Yogira
Mon, 11-Dec-2017

MarkPlus Inc. menggelar acara The MarkPlus Conference ke-12, di Ballroom Ritz Carlton, SCBD, Jakarta [7/12]. Sebanyak 500 perusahaan dan 50 pembicara yang kompeten di bidangnya hadir pada konferensi yang mengusung tema tren dan fenomena pemasaran di Indonesia pada 2018.

Founder & Chairman MarkPlus Inc, Hermawan Kartajaya mengatakan, pembahasan pemasaran pada tahun 2018 sangat diperlukan sebagai ancang-ancang para pelaku bisnis agar tidak pesimistis menghadapi tahun 2018 yang cenderung sulit karena akan ramai dengan pesta politik, terutama pemilihan presiden pada 2019.

“Ada begitu banyak hal yang tidak kita ketahui secara pasti karena adanya dinamika yang sulit diprediksi karena berbagai faktor, seperti tahun politik untuk pemilihan presiden pada tahun 2019. Juga ada technology disruption yang dianggap menghancurkan sejumlah perusahaan di Indonesia. Ada pula yang mengatakan terjadinya krisis ekonomi sepuluh tahunan,” jelas Hermawan.

Oleh karena itu, Hermawan menganjurkan kepada para penggiat bisnis untuk menyiapkan strategi dalam menghadapi situasi tersebut. Salah satunya dengan konsep yang dinamakan entrepreneurial marketing compass, yakni penggabungan marketing, finance, dan entrepreneurship.

Nah, untuk menggali lebih jelas konsep tersebut, pada acara The MarkPlus Conference tersaji banyak sesi pembahasan dengan para pembicara pilihan, antara lain: Arief Yahya [Menteri Pariwisata], Piotr Jakubowki [CMO Go-Jek], Andria Nusa [Sales &? Managing Director Pertamina Lubricant Andria Nusa], Airin Rachmi Diany [Walikota Tangerang Selatan], Emil Dardak [Bupati Trenggalek], dll.

Adapun beberapa sesi konferensi yang digelar, antara lain: “Marketeer of The Year 2017 Awarding Ceremony”, “Navigating The Unpredictable Session”, “Global Halal Lifestyle Trends,” “Foresight: Where Will We Go?”, dan "Indonesia Industry Outlook 2018".

Para pengunjung yang hadir pada konferensi tersebut mendapatkan banyak pencerahan tentang teknik dan strategi pemasaran. Misalnya pada sesi pembicara Piotr Jakubowki [CMO Go-Jek]. Revie Sylviana [Business Development Director LINE], Sammy Ramadhan [Founder and CEO @ Goers]. Ketiga pembicara ini mengungkap rahasia kesuksesan perusahan yang dikelolanya dengan strategi yang unik dan kreatif. [][teks & foto @yogirudiat]