Yuk, Belajar Jadi Wirausahawan
Ekonomi

Yuk, Belajar Jadi Wirausahawan

by Pohan
Thu, 18-Jun-2015

PengIn cepet kaya? jadilah pengusaha. Emang betul sih. Tapi nggak semuanya juga berhasil.  Orang yang pengIn jadi wirausahawan harus menyadari bahwa bisnis sering penuh risiko. Inilah hal yang penting dan harus diperhatikan. Soalnya, nggak ada jaminan loh setiap bisnis menuai keberhasilan.

Banyak orang yang sukses jadi wirausawan lantaran banyak belajar, bukan karena sebatas latar belakang profesinya. Toh, ada pengusaha yang lulusan kedokteran, sastra, pendidikan agama, bahkan ada yang berhasil jadi pengusaha padahal nggak mengenyam pendidikan formal sama sekali. Jadi intinya, suksesnya wirausaha ditentukan oleh ketekunan dirinya dalam belajar dan terus melakukan kreasi dan inovasi. 

Nah, ini ada tips menarik nih yang sumbernya dari maxmanroe.com. Kamu yang pengen jadi wirausahawan, bisa pelajari dan pahami 7 hal berikut ini:


1. Fokus dengan Tujuan

Setiap orang punya passion atau punya satu bidang yang paling dikuasai. Nah, maksimalkan aja tuh potensi itu. Kamu harus fokus dengan merancang inovasi produk, yang bisa merebut perhatian calon pelanggan. Kalau bisnismu udah mulai terbentuk, coba deh fokus pada pengembangan tahap bisnis. Tapi jangan lupa, barengi juga dengan inovasi terus menerus.


2. Bekerja dengan Disiplin

Lengah dan santai adalah penyakit wirausahawan. Apalagi kalo yang udah punya karyawan. Bisa berabe deh. Bisa bangkrut tuh bisnis. Nah, cobalah kamu bekerja dengan disiplin, perhatikan dari hal-hal yang kecil, misalnya menetapkan jam kerja bagi karyawan dan bikin peraturan soal pelayanan terhadap pelanggan.


3. Pelajari Sistem Bisnis

Seorang penguasaha harus paham bentuk sistem bisnis yang dibuatnya. Bisa celaka 12 kalo kamu bergantung melulu kepada karyawan. Kamu bisa kerepotan kalo karyawan yang kamu percayai pengen resign secara mendadak. Kamu bisa hindari kondisi itu  kalo terus mempelajari sistem bisnis. 


4. Bijak dan Persuasif

introvert atau nggak terlalu suka beramah tamah dengan orang lain bisa jadi kendala kalo kamu pengen memulai bisnis. So, coba deh kesampingkan sifat itu. Soalnya pebinsis itu harus pintar bergaul dan gampang berbaur dengan orang lain. Coba juga kamu bersikap rendah hati dan terbuka agar orang lain tertarik pada bisnis yang kamu jalankan. Tapi ada saatnya juga harus menarik diri dari kondisi itu, dan perlihatkan juga kemampuanmu dalam berkomunikasi secara persuasif.

5. Jalin Relasi dengan Orang Lain

Manusia kan makhluk sosial, Pasti, kita sering membutuhkan bantuan dari orang lain. So, jangan sampai deh kamu sepelekan hubungan sosial dengan orang lain. Dalam bisnis, menjalin relasi itu penting. Dengan cara yang komunikatif, kamu bisa membangun relasi dengan semua kalangan dari berbagai latar belakang pendidikan dan usia. Kita nggak pernah tahu, rezeki datangnya kapan dan darimana asalnya.


6. Eits... Jangan "Senang-senang" Dulu

Godaan wirausahawan pemula ketika berhasil adalah langsung bersenang-senang menikmati keuntungan. Eeits.. jangan dulu ya senang-senang kalo kamu pengen jadi pebisnis sejati. Kamu harus perhatikan dulu peningkatan bisnis kamu, apakah itu bisa dipertahankan atau tidak. Intinya, kamu jangan cepat puas dengan hasil yang sudah dicapai.

7. Ingatlah, Bisnis Pasti Berisiko

Setiap bisnis pasti punya risiko. Kamu yang pengen jadi wirausahawan harus realistis dan mampu menanggung risiko apapun dari bisnismu. Risiko seringkali muncul  karena kelalaian. untuk meminimalkannya, coba deh kamu bikin manajemen risiko untuk mengantisipasi bermacam masalah yang muncul dan menghambat akvititas bisnismu. [][teks @pohanpow/ diolah kembali dari maxmanroe.com | foto forbes.com, technical.ly]