Berkenalan dengan DOOH
Fakta & Trivia

Berkenalan dengan DOOH

by Yogira
Sat, 07-Oct-2017

Apa itu DOOH? Yang pasti, dia bukan satu spesies dengan Winnie The Pooh. DOOH [Digital Out of Home] adalah aplikasi media digital, hasil pencapaian ide-ide komunikasi penciptanya, yakni Andrew Phipps Newman. Andrew sudah lama malang melintang di kancah industri broadcast. Dia sudah banyak memproduksi acara televisi dan iklan.

Nah, ketika teknologi internet mulai mewabah secara global, terutama di era millennium, Andrew ‘mengawinkan’ pengalaman dan keilmuannya di dunia broadcast analog [televisi] dengan teknologi internet. Konsisten di dunia iklan TV dan iklan luar ruang, dia merancang media yang dinamis dan inovatif, dikenal dengan DOOH, yang mulai diperkenalkan ke khalayak pada Maret 2013.

Teknologi DOOH terbilang unik. Fiturnya tak dimiliki media konvensional. Dengan DOOH, konten-konten baik iklan maupun berita bisa di-update secara remote dan bisa ditempatkan di mana saja sehingga tercipta komunikasi 2 arah [interaktif] lebih banyak.

Ada 3 jenis media iklan, yang berkoneksi dengan teknologi DOOH, yakni: 1. Wall [display iklan dinding], 2. Totem [display iklan interaktif, yang biasanya berbentuk seperti tugu persegi panjang], dan 3. Videotron [display billboard luar ruang dengan layar besar].

Dengan integrasi teknologi DOOH dengan 3 jenis media iklan itu, penyiaran iklan akan lebih cepat dan realtime karena operasional pengelolaan dan pemantauannya di sejumlah spot terpusat di satu titik. Bagusnya lagi, DOOH memudahkan monitoring brand iklan sesuai target konsumen, baik dengan perangkat mobile, maupun online [web internet].

Karena sifatnya yang integral dengan dengan perangkat digital, DOOH memiliki server data, yang mampu menyimpan data konten berskala besar dan bisa dianalisis setiap waktu secara digital juga. 

Nah, karena efektivitasnya dalam menyiarkan konten, teknologi DOOH pun kini sudah ‘mendarah daging’ dengan perangkat layar PID [Passanger Information Display] yang sudah terpasang di banyak gerbong commuterline di Jabodetabek. Teknologi DOOH bisa terintegrasi dengan PID commuterline berkat kerjasama tim berbagai divisi dalam bendera MacroAd. [][teks @yogirudiat/berbagai sumber | foto LINIKINI]