Transportasi Cepat Massal Berbagai Negara
Fakta & Trivia

Transportasi Cepat Massal Berbagai Negara

by Intern 2
Fri, 27-Oct-2017

MRT atau Mass Rapid Transit merupakan salah satu angkutan cepat terpadu yang mengangkut lebih banyak penumpang. MRT terhubung dengan rel listrik otomatis tanpa masinis, sehingga dikendalikan di pusat kendali. MRT pertama di dunia ada di London Underground di tahun 1863. Underground dimaksudkan karena angkutan massal ini berada di bawah tanah.

Hingga di tahun 2000-an ini, sudah banyak negara yang mengoperasikan MRT dengan sistem yang canggih dan modern, didukung fasilitas di setiap stasiunnya juga. Jalur MRT pun beragam, ada yang di bawah tanah, maupun di atas konstruksi jalur laying/di atas tanah [seperti fase 1 MRT Jakarta].

Nah, kita akan mengulas sejumlah negara yang mengoperasikan MRT maupun yang dalam tahap pengerjaan konstruksinya.

1. London Underground atau Tube


independent.co.uk
Sistem MRT dari Inggris ini merupakan yang tertua di dunia yang awalnya hanya berupa kereta uap dan berada di bawah tanah. Konstruksinya menggunakan sistem cut and cover atau parit digali dan diberi atap dengan sistem pendukung overhead yang cukup kuat untuk membawa beban dari apa yang akan dibangun di atas terowongan. Saat ini Tube melayani 270 stasiun dengan panjang rute keseluruhan 402 km.

2. Shanghai Metro


shanghaiist.com
Republik Rakyat Tiongkok [RRT] ternyata mempunyai banyak MRT yang beroperasi. Salah satunya adalah Shanghai Metro, sistem transit cepat tertua ketiga di Tiongkok setelah Beijing dan Tianjin. Saat ini Shanghai Metro merupakan angkutan massal tercepat terbesar di dunia dengan 14 jalur, mempunyai lintasan sepanjang 548 km, 14 jalur dengan 337 stasiun yang terhubung.

3. New York City [NYC] Subway


interexchange.org
NYC Subway atau MTA New York City Transit merupakan angkutan cepat terpadu terluas dan tertua di dunia. Terdiri dari 468 stasiun. Tak tanggung-tanggung, MTA Subway beroperasi 24 jam penuh, menjadikan MRT New York ini menjadi sistem kereta transit tersibuk di dunia.

4. Beijing Subway