Rahasia Rusia
Fakta & Trivia

Rahasia Rusia

by Hagi
Fri, 10-Nov-2017

Apa yang terlintas dalam pikiran kita saat mendengar nama Rusia? Yuk kita bedah fakta tentang negara terbesar di dunia ini.

» Kode telepon Rusia 007.

» Uang kertas Rusia mempunyai tanda Braille bagi mereka yang tuna netra.

» Nama Lapangan Merah tidak ada kaitannya dengan komunisme. Nama itu berasal dari kata ‘krasnyi’, yang berarti ‘cantik’.

» Semua orang tahu bahwa Rusia amat luas. Seberapa luas? Sebagai gambaran, Rusia punya 11 pembagian waktu. Nah, hitung sendiri ya.

» Untuk memberi Anda bayangan ukurannya, Rusia membentang dari Uni Eropa di satu sisi sampai hampir menyentuh Alaska di sisi lain.

» Rusia terdiri dari 49 provinsi, 9 wilayah, dan 22 republik, yang masing-masing berdiri dengan konstitusi mereka sendiri.

» Hanya 80% penduduk Rusia berasal dari etnis Rusia. Negara ini adalah rumah bagi lebih dari 160 kelompok etnis yang berbeda.

» Lebih dari 100 bahasa digunakan di perbatasan Rusia. Banyak dari negara-negara di sekitar Rusia memiliki bahasa resmi mereka sendiri.

» Sebagai negara terbesar di dunia, Rusia memiliki 10% lahan subur yang ada di bumi.

» Rusia memiliki 15 kota dengan populasi lebih dari 1 juta orang disebabkan populasi yang sangat urban.

» Moskow adalah kota terbesar di Eropa dengan 13 juta orang. London menempati posisi kedua dengan 8 juta.

» Sistem commuterline tersibuk di Eropa ada di Moskow dengan jumlah penumpang rata-rata lebih dari 6 juta orang. Di sini gimana?

» Danau Baikal berisi lebih dari 1/5 air tawar dunia yang beku. Rusia merupakan negara berisi 1/4 air tawar dunia yang belum dicairkan.

» Gunung tertinggi di Eropa adalah Gunung Elbrus yang dapat ditemukan di Pegunungan Kaukasus, Rusia. Tingginya 5,642 meter.

» Di Semenanjung Kamchatka, Rusia Timur, kita bisa trekking ke Klyuchevskaya Sopka, gunung berapi aktif tertinggi di Eropa dan Asia.

» Rusia punya padang pasir yang dapat ditemukan di dekat Laut Kaspia yang disebut Caspian Lowland Desert.

» Dengan cadangan hutan terbesar di dunia, Rusia disebut sebagai ‘Paru-paru Eropa’.

» Hutan di Rusia menduduki peringkat kedua setelah Amazon dalam jumlah karbon dioksida yang diserapnya.

» Sungai Volga di Rusia adalah sungai terpanjang di Eropa.

» Rusia memiliki cadangan energi dan mineral terbesar di negara manapun di dunia dan menyediakan sebagian besar minyak Eropa.

» Rusia memainkan peran besar dalam eksplorasi luar angkasa. Selain Inggris, bahasa resmi Stasiun Antariksa Internasional adalah Rusia.

» Rusia [Uni Soviet] adalah negara pertama yang mengirim manusia ke luar angkasa [Yuri Alekseyevich Gagarin].

» Rusia [Uni Soviet] negara pertama yang mengirim satelit ke angkasa [Sputnik I].

» Rusia [Uni Soviet] juga merupakan negara pertama yang mendarat di bulan [Luna 9], Venus [Venera 9], dan Mars [Mars 3]. [][teks @evaevilia666/list25.com | foto freepik.com]