}
10 Fakta Tentang Bruce Lee
Fakta

10 Fakta Tentang Bruce Lee

by Yogira
Mon, 07-Sep-2015

Di jagat beladiri, Bruce Lee adalah legendaris kelas wahid. Ia nggak cuma seorang seniman beladiri, tetapi juga bintang film, dan ikon budaya.

Saking terkenalnya, dia punya penggemar fanatik di seluruh dunia, sampai ke pelosok desa, hingga dibuatkan kontes mirip gayanya. Wataawww!!!

Di balik sepak terjangnya sebagai seorang superstar, ada beberapa fakta dan cerita tentang dirinya yang  mungkin mengejutkan Anda.

10. Bruce Lee dikirim ke Amerika agar berhenti berkelahi di jalanan..

Menjelang remaja, Bruce Lee sering berkelahi di jalanan. Lalu dia berlatih kung fu ke Yip Man. Karena keseringan berkelahi, orangtuanya mengirimkannya ke Amerika.  

9. Juara Tari Cha-cha di Hong Kong pada 1958..

Sebelum hengkang ke Amerika, ternyata Bruce Lee sempat berlatih tari cha-cha dalam setahun. Pada usia 18 tahun, dia pun juara menari cha-cha di Hong Kong.

8. Berkelahi dengan Wong Jack Man..

Pada tahun 1964, Bruce Lee mengajar kung fu di California. Namun, kala itu dia ditantang duel oleh Wong Jack Man, yang dikenal sebagai pendekar kung fu. Lee berhasil menaklukkan Wong hingga melarikan diri.

7. Divonis cedera mematikan!

Pada tahun 1970, Bruce Lee divonis oleh dokter mengalami cedera punggung yang bisa membuatnya lumpuh, bahkan mati. Penyebabnya, Bruce Lee terlalu sering berlatih fisik yang berat. Namun, Lee berontak. Dia yakin bisa hidup sehat lagi. Lantas dengan caranya menyembuhkan diri, dia berhasil mengurangi cederanya.

6. Jadi selebriti bersama murid-muridnya..

Sejak terkenal sebagai guru kung fu di Amerika, Lee mendapatkan banyak tawaran peran di televisi dan film. Sejak itulah dia jadi selebriti sekaligus jadi guru bagi murid-muridnya, yang sudah jadi aktor, seperti: Steve McQueen, Joe Lewis, Chuck Norris, James Coburn, and Kareem Abdul-Jabbar.

5. Tak Sengaja Memukul Jackie Chan..

Sebelum terkenal, Jackie Chan sempat beberapa kali jadi figuran dalam film Bruce Lee. Pada film Enter The Dragon, ada adegan Bruce Lee berkelahi dengan Jackie Chan. Namun, saat itu Lee tak sengaja memukul Chan hingga benar-benar kesakitan. Lee meminta maaf kepadanya. Chan malah tertawa dan memeluk idolanya itu.

4. Hollywood terang-terangan mencuri idenya!

Pada tahun '70-an Bruce Lee berjuang untuk mendapatkan peran di beberapa acara  televisi. Lantas dia mengajukan ide pada salah satu studio teve tentang kisah seorang seniman kung fu yang mengembara di Amerika. Pihak studio teve itu menolak idelnya. Namun beberapa tahun kemudian, ide cerita Bruce Lee itu menjadi cerita yang ditayangkan televisi. Tapi, tanpa sepeserpun Bruce Lee menerima pendapatan hak cipta dari tayangan itu.

3. Gerakan kung fu-nya terlalu cepat untuk direkam kamera..

Saat syuting serial TV, Green Hornet, gerakan kung fu Bruce Lee yang cepat sempat menyulitkan kameramen. Dia pun meminta dia memperlambat gerakannya agar bisa direkam kamera dengan angle yang sempurna.

2. Lebih Kuat Dibandingkan Chuck Norris!

Di Amerika, Chuck Norris termasuk aktor laga legendaris. Keahlian bela dirinya tak diragukan lagi. Namun, banyak yang menilai, ketika Bruce Lee mulai eksis di Amerika, Lee dianggap paling kuat, bahkan lebih kuat jika dibandingkan Norris. Meski begitu, Lee dan Norris belum pernah bertarung secara sungguhan, tapi hanya akting berduel dalam adegan film The Way of the Dragon. Sulit untuk membuat mereka berkelahi secara nyata karena Lee dan Norris bersahabat baik.

1. Bruce-Ploitation

Pasca Bruce Lee meninggal tragis pada tahun 1973, banyak orang yang berduka cita. Tapi banyak pula yang mereguk keuntungan bisnis dari riwayat hidupnya. Saat itu ada istilah “Bruce-Ploitation" atau eksploitasi terhadap Bruce Lee karena popularitasnya. Terhitung ada 168 judul film, yang mengeksploitasi riwayat dan kemampuan kung fu Bruce Lee dalam berbagai cara, baik itu tiruan gaya kung fu-nya, cerita hidupnya, maupun rekaan tokoh mirip wajahnya.

[][teks @firza/listverse.com | foto supercompressor.com]