}
10 Manfaat Gula [Selain untuk Makanan]
Fakta

10 Manfaat Gula [Selain untuk Makanan]

by Yogira
Sun, 18-Oct-2015

Biasanya gula pasir menjadi penambah kelezatan makanan atau minuman. Tentu, itu hal yang wajar. Tapi yang menarik adalah kegunaan lainnya selain bisa dimakan. Buat apa saja ya?

1. Menjaga Bunga Tetap Segar

Tambahkan 3 sendok teh gula pasir dan 2 sendok makan cuka, lalu masukan pada vas bunga yang sudah terisi air. Gula bagus untuk batang bunga dan cuka bagus untuk mencegah tumbuhnya bakteri.

2. Meredakan Panas dan Pedas dalam Mulut

Ketika mulut terasa terbakar karena makanan pedas, emut saja gula di mulut, hingga hilang rasa pedasnya. Lebih baik gulanya jangan ditelan agar terhindar dari penumpukan kalori

3. Mengobati Luka

Membubuhkan gula pasir pada luka bagian tubuh ternyata bisa membunuh bakteri pada luka berat maupun ringan, termasuk pada bisul.

4. Membersihkan Sel Kulit Mati

Campurkan gula dengan minyak zaitun atau minyak almond pada bagian sel kulit yang mati, lalu gosok secara perlahan. Lantas bilas dengan air bersih. Kulit pun akan terlihat lembut lagi sekaligus bisa merangsang timbulnya sel kulit baru.

5. Menjaga Lipstik Agar tak Cepat Luntur

Caranya  mudah. Setelah lipstik memulasi bibir, olesi bibir berlipstik itu dengan gula. Tunggu beberapa saat, lalu jilat-jilat lelehan gula itu secara perlahan.

6. Menyingkirkan Noda Minyak pada Pakaian

Noda minyak yang menempel pada celana atau pakaian biasanya sulit dibersihkan. Jadi, pakailah pasta gula yang dicampur air, lalu oleskan pada noda berminyak dan biarkan selama satu jam. Setelah itu cuci noda seperti biasa.

7. Memperhalus Bibir

Campurkan gula dengan minyak zaitun hingga seperti pasta. Oleskan pada bibir kering dan biarkan selama 30 detik. Lalu bersihkan dengan kain basah.

8. Membersihkan Mesin Penggiling

Gula pun bisa membersihkan mesin penggiling kopi atau biji-bijian, terutama bagian dalamnya. Caranya taburkan gula pada bagian mesin penggiling yang kotor. Biarkan beberapa menit agar zat manisnya bisa menyerap kotoran, Lalu bersihkan dengan lap.

9. Meredakan Rasa Panas di Lidah

Selain bisa meredakan mulut panas karena makanan pedas, gula pun bisa dipakai untuk mengurangi perih pada lidah. Cecap saja gulanya dengan lidah, lalu emut beberapa saat.  

10. Membersihkan Minyak pada Tangan

Terkadang sabun dan air nggak mampu membersihkan tangan yang terkena minyak atau lemak. Jadi, pakailah campuran gula dengan minyak zaitun sambil digosok-gosokan pada telapak tangan yang kotor. Lalu bilas. [][teks @firza/shape.com | foto youtube.com,blisstree.com]