}
Sejarah Hari Keuangan Republik Indonesia
Fakta

Sejarah Hari Keuangan Republik Indonesia

by Dedi
Fri, 30-Oct-2015

Tanggal 30 Oktober merupakan peringatan Hari Keuangan Republik Indonesia, yaitu saat Oeang Republik Indonesia [ORI] terbit di tahun 1946. Pada hari itu, mata uang lain yang sebelumnya digunakan dinyatakan tidak berlaku lagi, termasuk mata uang Jepang dan uang Javasche Bank.

ORI pertama yang resmi beredar adalah dalam bentuk uang kertas bernominal satu sen. Sisi depannya bergambar keris yang terhunus dan sisi belakangnya bergambar teks Undang-Undang Dasar 1945.



ORI ditandatangani oleh Menteri Keuangan yang menjabat dalam kurun waktu 26 September 1945 – 14 November 1945, Alexander Andries Maramis sebagai bukti tanda pembayaran yang sah.

ORI pertama kali dicetak oleh percetakan Canisius dengan desain sederhana. ORI pada waktu hanya menggunakan dua warna dan pengaman serat halus.


Setelah ORI pertama muncul ORI II, III, IV, ORI Baru dan kemudian digantikan oleh uang Republik Indonesia Serikat pada 1 Januari 1950.


Masa peredaran ORI memang singkat sebelum digantikan dengan uang RIS dan seri baru lainnya. Tapi penyebarannya bisa sampai ke seluruh wilayah Indonesia. [][teks @dd_sarwono/bintang.com | foto bintang.com]