}
10 Fakta Unik Tentang Dolar Amerika
Fakta

10 Fakta Unik Tentang Dolar Amerika

by Yogira
Sat, 21-Nov-2015

Di dunia, uang ibarat ‘Tuhan’. Banyak orang mengagungkannya untuk kepuasan duniawi. Karena uang pula, banyak yang terperosok pada jurang kejahatan.

Amerika, boleh dibilang negara modern pemberlaku uang sebagai alat transaksi ekonomi. Mata uang dolar pun menjadi primadona dunia. Nah, ada fakta unik tentang uang dolar ini. Apa saja ya? 

1. Uang koin di Amerika memiliki 119 garis pada tepiannya agar  sulit disalahgunakan. Pasalnya, dulu di Amerika, orang memakai koin emas dan perak untuk transaksi. Namun penjahat menyalahgunakannya dengan mengerik tepiannya agar bisa dijual.

2. Uang kertas 1 dolar Amerika dicetak oleh US Bureau of Engraving and Printing. Sejak pertama kali diedarkan, uang ini akan aus setelah 18 bulan pemakaian.

3. Presiden Amerika yang masih hidup, wajahnya dilarang ditampilkan pada mata uang. Namun, dulu ketika Presiden Abraham Lincoln masih hidup, wajahnya pernah dipasang pada uang koin tahun 1909.

4. Beberapa sosok wanita pernah ditampilkan dalam uang koin Amerika. Akan tetapi,  pada koin keluaran pertama tahun 1893, yang tampil bukanlah wanita Amerika, melainkan Ratu Isabella dari Spanyol.

5. US Mint bukanlah satu-satunya tempat perusahaan pencetak uang di Amerika. Ternyata ada beberapa komunitas di sana yang memproduksi uang sendiri, misalnya di Taman Walt Disney dan di daerah Ithaca New York.

6. Benjamin Franklin adalah satu-satunya tokoh bukan presiden yang muncul pada uang kertas dolar Amerika. Dia dipilih tampil pada uang dolar karena jasa besarnya membangun Amerika. 

7. Uang dolar Amerika yang paling banyak dipalsukan adalah yang berdenominasi $20, kemudian berdenominasi $100

8. Uang dolar Amerika yang baru dicetak, sekira 95% beredar di luar negeri. Setiap pencetakan uang baru diperlukan 18 ton tinta untuk uang kertas sejumlah 37 lembar atau setara 696.000.000 dolar/hari.

9. Uang kertas dolar Amerika yang sudah dekil memunculkan bakteri Salmonella dan E.coli. Meski bakteri itu tidak terlalu berbahaya, pemakainya lebih baik mencuci tangan setelah memegangnya.

10. Lebih banyak orang yang berfantasi tentang uang ketimbang seks. Begitulah menurut penelitian. Ini tak cuma berlaku untuk pemakai dolar Amerika, tetapi juga pemakai uang di seluruh dunia. [][teks @firza/businessinsider.com| foto splumber.com, zimbabwesituation.com]